Cara Aparat Tindak Pembuang Sampah di Jalur Asian Games 2018

Lokasi yang sering menjadi tempat warga membuang sampah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly

VIVA – Dua warga yang berada di Desa Sodong, Tigaraksa terciduk oleh pihak jajaran TNI Danramil Tigaraksa setelah, kedapatan membuang sampah sembarangan di jalur Asian Games 2018, tepatnya kawasan Sodong, Tigaraksa, Tangerang. Jalur tersebut merupakan akses menuju venue pertandingan pentathlon di Sekolah Menengah Atas Adria Pratama Mulya.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Keduanya yang berinisial Th (30) dan HU (31) langsung mendapatkan pembinaan saat kedapatan dengan sengaja membuang sampah menggunakan kantong plastik di lokasi tanah kosong yang berada pada jalur tersebut.

"Kita berikan pembinaan seperti teguran untuk memberikan pelajaran kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, terutama di jalur venue pentathlon yang akan dilewati para atlet Asian Games XVIII, yang sudah disterilkan dari sampah," kata Danramil 06/Trs Kapten Arh P. Sihotang, 24 Agustus 2018.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Kini beberapa jajaran terkait, seperti pemerintah, kepolisian, dan TNI membentuk satgas anti-sampah. Salah satunya pada, Polresta Tangerang dan Kodim 0510/Tigaraksa yang menerjunkan para anggota untuk terus bergerak dalam membersihkan sampah sebelum dan saat pelaksanaan Asian Games 2018 di Tangerang yang dijadwalkan mulai 25 Agustus sejak tes event hingga pertandingan pada 31 Agustus hingga 1 September 2018.

Menurut Kapolres Kota Tangerang, Kombes Pol Sabilul Alif, petugas akan melaksanakan pemantauan dan aktif memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Satgas akan memberikan pembinaan kepada masyarakat yang kedapatan membuang sampah sembarangan. Meski demikian, dalam melaksanakan pembinaan, Satgas akan tetap mengedepankan unsur humanis.

"Prinsipnya demi kepentingan bersama. Demi nama baik negara sebagai tuan rumah dan demi kebersihan lingkungan kita juga. Tujuannya positif," ungkapnya.

Diketahui, beberapa jalur yang akan dilalui para tamu negara memang kerap dijadikan tempat pembuangan sampah umum lantaran lokasi TPS yang masih minim di Kabupaten Tangerang. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya