Dua Petinju Indonesia Melaju di Asian Games 2018

Petinju Indonesia di Asian Games 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ INASGOC/Gino F Hadi/

VIVA – Petinju putra Indonesia, Farrand Papendang, sukses melaju ke perempatfinal Asian Games 2018. Dia berhasil memastikan lolos di kelas ringan (60kg) usai menyingkirkan petinju Korea Selatan Haeju Chai dengan skor 5-0 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu, 26 Agustus.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Tampil di hadapan pendukung sendiri, Farrand nampak percaya diri. Berulang kali dia memukul keras ke arah lawannya hingga terjatuh pada ronde pertama dan ketiga. Alhasil, Haeju pun tak mampu banyak membuat tekanan terhadap petinju Indonesia tersebut hingga ronde berakhir.

"Pertandingan tadi saya langsung menekan lawan. Karena, saya tidak mau kalah di kandang sendiri. Namun, saya akui lawan Korsel tadi agak kecolongan di ronde pertama tapi di ronde kedua dan ketiga saya bangkit dan membuatnya tak berkutik," kata Farrand, saat ditemui wartawan selepas pertandingan, Minggu, 26 Agutus 2018.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Di perempatfinal, Farrand akan berhadapan dengan petinju Thailand, Rujakran Juntrong pada Selasa, 28 Agustus 2018 nanti. Di babak 16 besar, Rujakran berhasil mengandaskan perlawanan petinju dari Timor Leste, Savon Ramos Monteiro dengan skor 5-0.

“Lawan berikutnya menghadapi petinju Thailand tentu saya akan bermain semaksimal mungkin. Laga lawan dia (Rujakran), saya akan mencoba lebih tenang agar tidak kecolongan seperti bertandingan melawan petinju Korsel hari ini. Setahu saya petinju Thailand itu memiliki taktik, teknik dan pertahanan tinggi yang membuat saya harus mewaspadainya,” ungkapnya.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Selain Farrand, petinju Indonesia lainnya, Aldom Sugoro yang turun di nomor putra kelas terbang 52kg, juga berhasil lolos ke perempatfinal setelah membungkam perlawanan petinju Timor Leste, Joao Barbosa Neto dengan skor 5-0.

Aldom mampu bermain tenang saat di dalam ring. Sejak ronde pertama hingga ronde terakhir Aldom berulang kali melayangkan pukulannya ke lawan. Bahkan, ia sempat melukai pelipis Barbosa. Begitu juga pada ronde ketiga, Aldom terus memaksa Barbosa bermain dengan jarak pendek.

“Dengan kemenangan ini saya sangat bersyukur sama Tuhan yang telah diberikan olehnya. Lawan Timor Leste tadi sebenarnya tidak mudah, tapi saya disuruh agar bermain sabar, fokus dan rapat selama pertandingan,” kata Aldom, seusai pertandingan.

Pada perempat final, Aldom akan menantang petinju unggulan pertama, Jasurbek Lati Pov, Selasa, 28 Agustus 2018 mendatang. Jasurbek melaju ke babak perempat final usai menang atas wakil China, Jianguan Hu.

“Melawan petinju dari Uzbekistan harus tetap percaya diri saja, karena lawan nanti itu merupakan unggulan. Namun, karena kami saat ini bermain di rumah sendiri, jadi saya percaya diri bisa mengalahkannya saat di dalam ring nanti,” sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya