Keuntungan Asian Games Langsung Masuk Kantong Pemerintah

Penutupan Asian Games 2018 di Palembang
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Penyelenggaraan Asian Games 2018, Jakarta-Palembang, sudah usai. Namun, masih ada pekerjaan rumah yang harus dikerjakan usai penyelenggaraan.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Berbagai proses pasca-produksi harus segera dirampungkan. Salah satunya adalah menghitung keuntungan.

"Kami belum pikirkan soal keuntungan. Kami cuma mendapatkan anggaran dan menggunakannya. Jadi, kami tak memikirkan untung atau tidak," ujar Sekretaris Jenderal INASGOC, Eris Herryanto, kepada VIVA, Rabu 5 September 2018.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Eris menyatakan, pihaknya tak tahu berapa pemasukan sebenarnya dari Indonesia selama Asian Games. Sebab, seluruh pemasukan selama Asian Games langsung mengalir ke pemerintah. Uang tersebut mengalir ke Badan Layanan Umum.

Pemerintah melalui Bappenas pun sedang mengkaji keuntungan yang didapat dari Asian Games 2018. Bappenas mengaku masih butuh waktu menghitung keuntungan Asian Games.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Eris menuturkan, dampak ekonomi Asian Games tak bisa langsung dilihat. Sebab, pihaknya hanya menyentuh keuntungan seputar penjualan tiket dan lainnya.

"Kami saat ini masih membuat laporannya. Nanti, laporan tersebut akan diberikan kepada Dewan Pengawasan dan juga Komite Olimpiade Asia (OCA). Jadi, soal keuntungan ya itu tadi, kami tidak memikirkannya." 

UKM Banjir Rejeki, Kopi Pasar Santa Diburu

Selain pemerintah, industri kecil lewat UKM juga ikut terangkat. Para pelaku usaha rakyat mengalami peningkatan penjualan selama Asian Games.

Contoh nyata adalah industri kopi di Pasar Santa, Jakarta Selatan. Dunia Kopi, toko kopi paling terkenal di Pasar Santa, diburu banyak atlet maupun turis mancanegara.

Sebelum Asian Games, Dunia Kopi memang sering dikunjungi turis Korea Selatan, Jepang, China, dan lainnya. Tapi, selama Asian Games jumlahnya meningkat.

Penonton, atlet, dan lainnya, kerap berkunjung ke Dunia Kopi selama Asian Games 2018. Penghasilan yang didapat pun meningkat. Salah satu kopi terlaris, menurut pemilik Dunia Kopi, Suradi, adalah kopi luwak.

Toko Dunia Kopi di Pasar Santa makin laris saat Asian Games 2018

"Selama Asian Games memang naik. Turis banyak yang datang. Sampai lupa berapa tepatnya omzet naik. Tapi, kira-kira 20 persen. Minggu 2 September 2018 (bertepatan dengan penutupan), ada dari Korea Selatan yang datang. Jumlahnya sampai 20 orang," kata Suradi kepada VIVA.

Kunjungan turis ke Indonesia memang melonjak selama Asian Games 2018. Bappenas sebelumnya telah memprediksi ada 2 juta penonton yang menyaksikan laga Asian Games 2018, dengan 200 ribu di antaranya berasal dari luar negeri.

Sementara, jumlah atlet mencapai 10 ribu dan ofisial menyentuh angka 5.000 orang. Belum lagi jumlah volunteer mancanegara yang mencapai 7.000 orang. (mus)

Asian Games 2018 baru saja usai. Lalu momen mana saja yang bersejarah yang tercipta? Ini dia video 7 golden moment Asian Games 2018, cek di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya