Menpora Sulutkan Api Obor Asian Para Games Pertama di Ternate

Menpora sulut Api Obor Asian Para Games Pertama di Ternate
Sumber :
  • Ifan Gusti (Maluku Utara)/ VIVA

VIVA – Pertama kalinya dalam sejarah event olah raga level internasional obor Asian Para Games 2018,Minggu 9 September 2018 disulutkan di Ternate,Provinsi Maluku Utara oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Api dari lentera yang diinapkan semalam di kadaton kesultanan Ternate sejak kedatangannya dari Solo, Sabtu kemarin disulutkan Menpora di halaman kadaton dan dibawa secara maraton oleh sejumlah Muspida, artis Selvi KDI, hingga perwakilan atlet nasional dan lokal penyandang disabilitas menuju pusat kota Ternate sejauh 2 kilometer.

Dalam perjalanan kurang lebih 2 jam pawai obor dikawal oleh rombongan ratusan pesepeda, atraksi Marcing Band, pembawa bendera negara peserta Asian Para Games hingga akhirnya di terima kembali oleh Menpora dan finis di tangan Wali kota Ternate Burhan Abdurahman di panggung utama Land Mark (Zero Poin) pusat kota.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Rencananya, pukul 20.00 WIT Obor, kembali dibawa secara maraton ke lapangan Gelora Kie Raha guna ditampilkan di puncak acara Hari Olahraga Nasional (Haornas) malam nanti.

Ketua INAPGOC,Radja Sapta Oktohari, mengaku pihaknya berterima kasih kepada rakyat Maluku Utara atas dukungan dan menyukseskan perhelatan Asian Para Games 2018. "Semoga lancar, sukses di kegiatan maupun di prestasi, mudah -mudahan ini jadi sejarah bangsa Indonesia bagi kaum disabilitas," ucap Radja.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Sementara, Menpora, Imam Nahrawi dalam sambutannya mengatakan pawai obor Asian Para Games 2018 merupakan sejarah bagi warga Ternate dan Provinsi Maluku Utara. Di mana, kata Imam untuk pertama kalinya obor dinyalakan di daerah kesultanan.

"Ini momentum pertama kali Asian para Games di Indonesia dan penyalaan obor pertama kalinya di daerah kesultanan.dari Ternate obor ini akan kami bawa ke seluruh Nusantara sebagai gelora semangat Asian Para Games 2018 ," tutur Menpora.

Laporan: Ifan Gusti (Maluku Utara)/ VIVA

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya