Soal SEA Games 2019, Pemerintah Tak Mau Berandai-andai

Logo SEA Games 2019 Manila, Filipina dan Komite Olimpiade Filipina
Sumber :
  • facebook.com/PHIAthletes/

VIVA – Kabar mengejutkan datang dari Filipina jelang ajang olahraga terbesar di Asia Tenggara, SEA Games 2019. Mereka kemungkinan batal menjadi tuan rumah. 

Terpopuler: Menguak Manfaat Ajaib Buah Manggis hingga 5 Tips Menghadapi Cuaca Ekstrem

Sederet persoalan internal di Filipina disebut-sebut sebagai pemicu wacana pembatalan. Mulai dari tidak akan disetujuinya pengajuan anggaran SEA Games 2019 hingga masih mengemukanya polemik penunjukan Ketua Panitia Pelaksana.

Bukan hanya itu, dalam kabar dari The Daily Tribune bahkan telah menyebut bahwa Indonesia dan Thailand telah dipersiapkan untuk menggantikan Filipina jika benar-benar mundur. 

Sekolah di Filipina Tutup Hingga 30 Orang di Thailand Meninggal Akibat Cuaca Panas Ekstrem

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto, menanggapi kondisi tersebut. Dia menilai, Indonesia cukup sulit jika nantinya benar ditunjuk sebagai tuan rumah menggantikan Filipina. 

"Kami tidak mau berandai-andai, berbagai faktor perlu dipertimbangkan. Beberapa elemen seperti waktu, anggaran dan lain-lain. Seperti di Asian Games 2018 lalu (Indonesia jadi tuan rumah), dukungan banyak dan bisa dipersiapkan," kata Gatot, ketika dihubungi VIVA, Kamis, 21 Maret 2019. 

Panas Ekstrem Hingga 45 Derajat Celcius, Filipina dan Bangladesh Tutup Ribuan Sekolah

"Kalau dengan waktu yang mepet agak sulit. Jadi saya tegaskan kami tidak mau berandai-andai. Sampai sekarang kami belum dapat info resmi dari Filipina," lanjut dia. 

Seperti yang diketahui, ajang SEA Games 2019 akan dihelat pada 30 November 2019 hingga 10 Desember 2019. (one)

Timnas Indonesia U-17 Wanita vs Filipina

Kata Pelatih Timnas Indonesia U-17 Wanita Usai Dibantai Filipina

Timnas Indonesia U-17 Wanita harus mengakui keunggulan tim U-17 Filipina 1-6. di laga perdana Grup A di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin 6 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024