Emas Pertama Indonesia di SEA Games 2019, Sejarah 42 Tahun Polo Air

Tim polo air putra Indonesia sukses kalahkan Singapura di SEA Games 2019
Sumber :
  • PB PRSI

VIVA – Indonesia berhasil mendapatkan emas pertama di SEA Games 2019 di Filipina melalui tim Polo Air putra. Perolehan medali emas baru dapat dipastikan saat tuan rumah Filipina berhadapan dengan juara bertahan Singapura pada Jumat 29 November 2019 di New Clark Aquatic Centre, Capas, Filipina. 

Tekad 2 Atlet Alumnus PON XX Papua Tembus Pelatnas Polo Air

Sebelum laga penentuan, Indonesia akan menghadapi Malaysia sebagai pertandingan terakhir. Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 17-4. Sedangkan untuk hasil laga Filipina dan Singapura mereka bermain imbang dengan skor 6-6. 

Dengan ini, tim Polo Air putra Indonesia yang dipimpin manajer Reva Deddy Utama berhasil menyumbang medali emas pertama bagi kontingen Indonesia. Selain itu tim besutan pelatih asal Serbia Milos Sakovic itu juga berhasil mencetak sejarah karena berhasil mengalahkan Singapura sebagai tim yang sudah juara 27 kali SEA Games sejak ikut serta pertama kali pada 1965. 

Pantau Seleknas Polo Air, Ketum PRSI Puas Persiapan Menuju Asian Games

Hasil imbang tersebut membuat Indonesia berada di puncak klasemen yang berhasil mengumpulkan 7 poin dari empat pertandingan. Diikuti tuan rumah Filipina dengan 4 poin dari tiga pertandingan. Kemudian peringkat ketiga dihuni oleh Singapura yang hanya mengumpulkan 3 poin dari total tiga pertandingan. 

Sedangkan Thailand berada di posisi keempat hanya mengemas 2 poin saja. Malaysia menjadi juru kunci karena masih belum mendapatkan poin. Meski hanya tertinggal 3 poin dari Indonesia, Filipina tidak mampu mengejar Indonesia pada satu laga terakhirnya.

Timnas Polo Air Indonesia Bakal Bertolak ke Serbia

Pencapaian ini merupakan kali pertama tim Indonesia mendapat medali emas sejak pertama kali tampil di SEA Games pada 1977. Sejak SEA Games pertama kali hingga SEA Games 2017, Indonesia selalu berada di peringkat kedua. 

"Alhamdulilah, bersyukur atas medali emas yang diraih tim Polo Air putra Indonesia. Selamat atas kerja keras tim. Ini sejarah 42 tahun Polo Air ikut di SEA Games sejak 1977 dan berhasil meraih medali emas. Semoga emas pertama untuk kontingen Indonesia bisa menjadi motivasi cabang lain meraih emas," ujar Ketua Umum PB PRSI, Anindya Bakrie

Salah satu pemain terbaik yang dimiliki tim Polo Air putra Indonesia, Ridjkie Mulia juga berterima kasih atas dukungan yang diberikan masyarakat Indonesia dan berhasil menyumbang medali emas serta membuat sejarah untuk Polo Air Indonesia.

"Terima kasih untuk seluruh masyarakat Indonesia yang telah mendukung tim Polo Air Indonesia. kita berhasil menyumbang medali emas pertama untuk Indonesia dan membuat sejarah untuk Polo Air Indonesia, terima kasih," ujar Ridjkie Mulia dengan nomor topi 10.

Kapten tim nasional Polo Air putra Indonesia, Rezza Auditya Putra mengungkapkan sangat berterima kasih kepada semua pihak yang membantu perjuangan tim Polo Air putra Indonesia di SEA Games 2019 Filipina.

"Sulit diungkapkan dengan kata-kata, ini bagai keajaiban. Yang pasti seneng banget, bagaimana kita berjuang dari awal sampai seperti sekarang ini. Terima kasih coach Milos, PB PRSI, KOI, serta pemerintah, dan semua pihak yang telah membantu perjuangan ini," ucap Rezza dengan nomor topi 8.

Penyerahan medali rencananya akan dilangsungkan pada Minggu 1 Desember 2019 pukul 20.45 atau 19.45 WIB setelah dua laga di hari terakhir. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya