Ucapan Terima Kasih Tontowi Trending di Twitter

Pemain ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad.
Sumber :
  • Instagram: Tontowi Ahmad

VIVA – Keputusan Tontowi Ahmad untuk pensiun dari dunia bulutangkis memantik perhatian dari berbagai kalangan. Di Twitter, para netizen ramai-ramai ucapkan terima kasih Tontowi hingga menjadi trending.

On This Day: Kado Tontowi/Liliyana di Hari Kemerdekaan Indonesia

Ya, Tontowi memutuskan untuk gantung raket Senin, 18 Mei 2020. Dalam pernyataanya, Tontowi menyebut hari ini adalah saat yang tepat untuk menyudahi perjalanan 15 tahunnya di dunia bulutangkis.

"Memang saya mengharapkan saya bisa menyudahi ini di puncak podium tapi inilah hidup tidak selalu apa yang kita inginkan bisa tercapai seperti situasi dan kondisi saat ini," tulis Tontowi di Instagram pribadinya.

Ngeri, Tontowi Ahmad Pencundangi Pebulutangkis China di India Open

"Tapi apapun yang terjadi saya saya sangat bersyukur bisa berada di posisi saya sekarang ini. Saya juga mau berterimakasih untuk semua yang sudah mendukung karier saya di bukutangkis selama ini yang tidak bisa saya sebut satu per satu," sambung pria yang akrab disapa Owi itu.

Candaan Ajaib Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir Berbuah Gelar Juara

Owi bisa dibilang merupakan salah satu atlet yang meraih banyak prestasi di bulutangkis sektor ganda campuran. Berkali-kali dia mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Baca Jiuga: Tontowi Ahmad, Virus Corona dan Bulutangkis

Salah satunya, Owi mampu mengibarkan bendera Merah Putih di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil bersama pasangannya Liliyana Natsir.

Tak ayal, ucapan terima kasih kepadanya pun membanjiri lini masa Twitter. Berbagai ucapan dilontarkan para netizen sebagai bentuk penghargaan untuk pebulutangkis 32 tahun tersebut.

"Terimakasih bang owi atas dedikasinya utk bulutangkis Indonesia. Terimakasih bang owi atas emas olimpiadenya, gelar juara dunianya, gelar All Englandnya, dan puluhan gelar lainnya untuk Indonesia," tulis seorang netizen.

Pas ci butet mutusin buat retirement, sedih sih banget. Tapi masih ada owi yg sedikit nyembuhin. Sekarang, duaduanya udah gantung raket," tulis netizen lainnya dibarengi emoji hati retak.

Bukan cuma para netizen saja yang mengucapkan terima kasih kepada Owi. Klub basket IBL, Amartha Hangtuah juga demikian.

“Tontowi Ahmad alias Owi, berpasangan dengan Liliyana Natsir, adalah atlet ganda campuran kelas dunia. Juara All England tiga kali berturut-turut (2012, 2013, & 2014). Keduanya peraih medali emas untuk Indonesia," tulis akun Amartha Hangtuah.

Tontowi Ahmad.

Owi terjun ke dunia bulutangkis profesional pada 2005. Di mana ia bergabung dengan PB Djarum. Prestasinya mulai berkilau ketika ia dipasangkan dengan Liliyana Natsir pada 2010. Setahun setelah itu, Tonwowi dan Liliyana berhasil meraih emas SEA Games 2011. 

Pada 2012, 2013 dan 2014 Owi dan Liliyana berhasil menorehkan hattrick gelar All England, serta bertengger di posisi nomor satu dunia. 

Selain itu, Tontowi dan Liliyana juga pernah menjuarai Kejuaraan Asia 2015. Sementara untuk tingkat BWF Super Series antara lain Indonesia Open 2017, Hong Kong Open 2016, Singapore Open 2011 dan 2013-2014, French Open 2014 dan 2017, hingga India Open 2011-2013.

Di level BWF Grand Prix, Tonwowi berhasil menjadi juara di Macau Open 2010-2012, Indonesian Masters 2010, 2012 dan 2015, Malaysia Masters 2011, hingga Swiss Open 2012.

Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu.

Tontowi dan Liliyana mencapai puncak prestasinya pada 2016 ketika meraih medali emas di Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil. Pada 2019, Tontowi ditinggal oleh Liliyana yang memutuskan untuk pensiun. PBSI kemudian memasangkan Owi dengan Winny Oktavina Kandow.

Namun, duet keduanya belum mendapatkan prestasi yang maksimal. Owi dan Winny hanya mampu menembus perempat final All-England dan China Open 2019.

Selanjutnya, pada ajang Indonesia Masters 2020 bulan Januari lalu, Owi diduetkan dengan Apriyani Rahayu. Minimnya periapan membuat mereka terhenti di babak kedua. Itulah pertandingan terakhir yang dijalani Tontowi setelah 15 tahun pengabdiannya di bulutangkis untuk Indonesia.

Baca Juga:

Ronaldo Sudah Bisa Latihan Bersama Juventus, Higuain Telat

Dalih Pemain Bundesliga Setelah Ciuman Selebrasinya Jadi Kontroversi

Legenda Juventus Del Piero Masuk Rumah Sakit

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya