Persiapan Penting Siman Sudartawa Untuk Tahun 2021 yang Padat

Perenang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/INASGOC/Widodo S Jusuf/Spt/18.

VIVA – Perenang andalan Indonesia, I Gede Siman Sudartawa terus melakukan persiapan maksimal guna menjalani kalender yang padat di tahun 2021.

Prestasi SEA Games dan Polemik Cabang Olahraga 'Anak Emas'

Tahun ini, Siman bakal tampil di sejumlah kejuaraan level lokal dan global. Penumpukan kejuaraan pada 2021 terjadi lantaran adanya pandemi COVID-19.

Untuk dapat tampil maksimal dan memberikan kebanggan untuk Indonesia, Siman melakukan persiapan fisik maupun teknik baik di kolam maupun dengan cara lain. 

Raih Perunggu di SEA Games, Ini Rahasia Nutrisi Siman Sudartawa

Selain itu, perenang spesialis jarak pendek ini juga terus mengontrol nutrisi yang dibutuhkan demi menunjang performa.

"Tentunya diperlukan ledakan tenaga agar dapat menjadi yang paling cepat. Kombinasi berat badan yang sesuai dengan postur tubuh harus ideal," kata Siman.

Harapan Siman Sudartawa di Haornas 2021

Siman menargetkan berat badan ada di sekitar 72 kilogram hingga 75 kilogram. Sebab, berat tubuh itu adalah performa terbaiknya saat meraih medali emas di SEA Games 2019.

Dalam mencapai target itu, Siman menuturkan dirinya dibantu oleh Pelatih, Nutrisionis olahraga profesional dan makanan yang penyajiannya didukung oleh Ajinomoto Indonesia

“Pihak Ajinomoto Indonesia sangat membantu dalam penyediaan makananku sehari-hari dimana kadar Karbohidrat, lemak dan protein sudah diperhitungkan secara ilmiah," jelas Siman.

"Caranya dengan memperhitungan kilo kalori tenaga yang terpakai sesuai dengan program kepelatihan. Semoga dalam waktu dekat kondisi tubuhku dapat kembali seperti semula," sambungnya.

Siman menjelaskan, butuh usaha dan displin untuk mencapai target latihan, selain komitmen dan displin dalam berlatih, komitmen dan disiplin dalam mengkonsumsi makanan juga diperlukan. 

"Kita bisa melihat sudut pandang dari pelatih dan nutrisionis olahraga juga menu makanan yang aku konsumsi melalui kachimeshi-indonesia," tutur Siman.

"Pola nutrisi seimbang bukan hanya untuk atlet namun juga untuk semua orang. Mari kita mulai pola hidup bernutrisi seimbang yang sesuai dengan aktivitas kita sehari-hari," jelasnya.

Siman adalah satu dari sejumlah atlet yang sebelumnya disiapkan untuk mendapatkan tiket ke Olimpiade Tokyo. Selain Siman ada Triady Fauzi, Glen Victor Susanto, Fadlan Prawira, Farrel Armandio Tangkas dan Azzahra Permatahani
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya