Prestasi SEA Games dan Polemik Cabang Olahraga 'Anak Emas'

Perenang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa sabet emas SEA Games 2023
Sumber :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

VIVA Sport – Sosok I Gede Siman Sudartawa baru-baru ini menjadi sorotan. Bukan karena prestasi yang dibuatnya di cabang olahraga renang, melainkan protes serta kritik dalam pawai juara SEA Games 2023 yang digelar pada Jumat 19 Mei 2023 kemarin.

UEA Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Terus terang, Siman merasa tidak dihargai. Dia memilih turun dari mobil iring-iringan dan pulang lebih dulu.

Menurut Siman, dia merasa acara pawai tersebut hanya memberikan perhatian kepada Timnas Indonesia U-22 yang berhasil membawa pulang emas setelah 32 tahun.

Viral Megawati Kenalin Pacarnya ke Pemain Red Sparks, Ternyata Peraih Medali SEA Games

"Memang setelah sekian lama baru mendapat medali (emas) ya. Tapi kan cabor-cabor yang lain ada yang  juara umum. Itu justru lebih diapresiasi. Itu menghasilkan emas lebih banyak," tutur Siman.

Sementara legenda tenis Indonesia Yayuk Basuki angkat bicara tentang adanya kekecewaan dari sebagian atlet terkait kirab tersebut. Yayuk menilai jika masalah kedisplinan waktu bagi atlet menjadi poin penting.

Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO

"Bagi atlet, jiwa sportif itu bukan hanya di lapangan, tapi juga terbawa di kehidupan sehari-hari. Atlet sudah terbiasa disiplin soal waktu dan bertindak secara fair terhadap situasi apa pun," ungkap Yayuk.

Yayuk menilai seharusnya Kemenpora objektif. Yayuk mengungkapkan jika semua atlet juga berjuang membawa nama baik Indonesia bukan hanya satu cabor saja.

"Kita semua bangga dan saya ucapkan selamat atas capaian Timnas Sepakbola U-22 yg meraih medali emas. Namun demikian, harus ada kesamaan perlakuan yang ditunjukkan oleh Kemenpora,"urai Yayuk.

Sementara Menpora Dito Ariotedjo menjelaskan pihaknya berperan sebagai rumah bagi semua cabor tidak pernah menganakemaskan cabor manapun. 

"Niat baik kirab juara ini adalah untuk mewadahi antusiasme Indonesia mengungkapkan kebanggaannya terhadap semua atlet SEA Games 2023 sebagai pahlawan olahraga. Dito berharap ini bisa juga membudaya di masing-masing federasi cabor untuk mendukung dan seluruh masyarakat untuk memberikan apresiasi tanpa pandang bulu," ucapnya.

"Tidak ada ruang bagi diskriminasi dalam semangat olahraga yang mempersatukan bangsa. 100% apresiasi bagi mereka yang memberika dharma bhaktinya.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya