Indonesia Lampaui Target di SEA Games, Kemenpora Mulai Budaya Baru Apresiasi Atlet

Menpora Dito Ariotedjo.
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA Sport – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo memastikan bahwa pawai juara SEA Games 2023 bertajuk “Kira8 7uara: Prestasimu Kebanggaan Kita!” pada Jumat 19 Mei diselenggarakan untuk mengapresiasi atlet Indonesia dari seluruh cabang olahraga. 

Kisruh Nobar Timnas Indonesia U-23 Dilarang, Begini Respons Kemenpora

Kegiatan ini merupakan langkah inisiatif Kemenpora RI untuk memulai budaya baru dalam mengapresiasi atlet dan kontingen Indonesia selepas mengikuti kejuaraan internasional.

“Kami mencoba untuk mengapresiasi pertama kalinya atlet SEA Games ini untuk pawai di Jakarta. Banyak juga yang bertanya ke saya ‘ini kan hanya SEA Games’. Tapi menurut saya di SEA Games 2023 ini banyak sekali target-target yang sudah lama tidak terlampaui. Contohnya dari jumlah medali emas ini adalah perolehan emas terbanyak selama 20 tahun ke belakang. Dan juara umum cabor pun kita ada 7. Dan ada empat atau lima kita mencetak sejarah, contohnya basket putri setelah 64 tahun mendapatkan medali emas, dan hoki putra baru sekali seumur hidup kita mendapat emas, kriket juga kita baru sekali,” ujar Dito Sabtu 20 Mei 2023.

Pemerintah Instruksikan Seluruh Pemda Nobar Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan

Menpora Dito Ariotedjo dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Photo :
  • VIVA | Fajar Sodiq

Pada kesempatan yang sama, Dito juga menyampaikan permohonan maafnya kepada atlet dan ofisial cabang olahraga tertentu yang merasa diabaikan selama mengikuti rangkaian pawai tersebut. Ia mengakui bahwa antusiasme masyarakat terhadap cabang olahraga sepakbola sangatlah tinggi menyambut medali emas pertama dalam 32 tahun melalui pertandingan final dramatis menghadapi Thailand. 

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Melalui kesempatan ini ia justru berharap dapat dijadikan sebagai momentum untuk turut mengangkat nama dan kebanggaan cabang olahraga lainnya.

"Bisa dibilang memang kita menunggangi antusias masyarakat kepada bola yang menang dengan mempromosikan juga bahwa cabor-cabor lain ini kita juga berprestasi.  Nah memang pasti ada yang tidak nyaman dan kita sangat mohon maaf," ungkap Dito.

Pawai yang dimulai dari Kantor Kemenpora RI dan berakhir di Stadion Utama Gelora Bung Karno ini diikuti oleh sekitar 250 atlet dan 100 ofisial tim dari berbagai cabang olahraga. 

Menpora Dito Ariotedjo

Photo :
  • Kemenpora

Masyarakat yang hadir menambah kemeriahan sekaligus penghargaan atas prestasi diraihnya 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu oleh kontingen Indonesia di SEA Games 2023. Capaian ini menempatkan Indonesia pada peringkat ketiga klasemen akhir gelaran sekaligus berhasil menuntaskan target prestasi dari Kemenpora RI dan Presiden Joko Widodo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya