Target Rahmat Erwin Abdullah Usai Mengganas di SEA Games 2023

Lifter putra Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA

VIVA Sport – Lifter Tim Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah menyatakan targetnya usai tampil ganas di SEA Games 2023.

Viral Megawati Kenalin Pacarnya ke Pemain Red Sparks, Ternyata Peraih Medali SEA Games

Dia tampil apik di kelas 81kg putra cabang olahraga (cabor) angkat besi sengan meraih emas sekaligus memecahkan tiga rekor dalam pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut. 

Rahmat Erwin memecahkan rekor snatch, clean and jerk dan angkatan total di nomor 81kg.

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

Angkatan 158kg snatch pemuda asal Sulawesi Selatan itu melampaui rekor SEA Games sebelumnya yakni 157kg yang dicatatkan rekan senegaranya, Rizki Juniansyah di SEA Games 2021.

Sementara angkatan 201kg clean and jerk berhasil memecahkan rekor SEA Games dengan 200kg milik lifter Thailand Suepsuan Natthawut di SEA Games 2021. 

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Total angkatan Rahmat 359kg juga melampaui rekor SEA Games milik Suepsuan Natthawut di SEA Games 2021 dengan 355kg.

Prestasi di SEA Games 2023 tak membuat Rahmat puas. Rahmat punya impian besar lain. Dia ingin sukses di Asian Games 2023 dan memecahkan rekor dunia angkat besi. Yang terdekat Rahmat akan berlaga di kejuaraan Grand Prix di Kuba.

"Selanjutnya saya akan bertanding di Kuba pada kejuaraan Grand Prix yang juga poin untuk Olimpiade 2024. Saya ingin melakukan yang terbaik di Asian Games. SEA Games ini masih pemanasan saja. Saya juga ingin memecahkan rekor lagi tapi selanjutnya rekor dunia," kata Rahmat, Kamis 18 Mei 2023.

Rahmat dan rombongan atlet angkat besi Indonesia baru kembali ke Indonesia pada Kamis 18 Mei 2023. Kedatangan atlet angkat besi ini disambut langsung perwakilan NOC Indonesia dalam upacara penyambutan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Keinginan Rahmat terus berprestasi dunia sesuai dengan keinginan Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI). Sekjen PB PABSI, Djoko Pramono, dalam sambutannya meminta para atlet terus berjuang untuk bisa mengulangi kesuksesan di Kamboja ke Olimpiade 2024.

"Saya ingin prestasi ini tidak berhenti disini. Kita bidik Asian Games Dan Olimpiade Paris. Saya menginginkan kita bisa punya prestasi seperti ini di Olimpiade. Para atlet harus siap, tidak boleh ada perasaan belum siap. Perjuangan belum selesai ini baru di tingkat ASEAN saja," tutur Djoko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya