Nasib Tragis Philippe Troussier, 4 Kali Dipermalukan Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier
Sumber :
  • VFF

Jakarta – Timnas Indonesia selalu menjadi momok untuk pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier. Betapa tidak, empat kali bertemu Indonesia, tim besutan Troussier selalu mengalami kekalahan.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Yang terbaru, Vietnam kalah 0-1 dari Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis 21 Maret 2024.

Gol tunggal Indonesia dicetak Egy Maulana Vikri di menit 52. Ini menjadi kekalahaan keempat Troussier dari Indonesia, baik bersama Timnas Qatar maupun Timnas Vietnam.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Berikut ulasan tiga kekalahan sebelumnya:

1. Indonesia 2-1 Qatar (Piala Asia 2004)

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Kekalahan pertama terjadi saat Troussier melatih Timnas Qatar di Piala Asia 2004. Pelatih asal Prancis ini memiliki modal bagus karena mampu mengantarkan Jepang juara Piala Asia 2000 sekaligus terpilih sebagau pelatih terbaik.

Indonesia tampil mengejutkan di Workers Stadium Beijing, pada 18 Juli 2004. Meski tak diunggulkan Skuad Garuda malah menang 2-1.  

Timnas Indonesia saat menghadapi Qatar di Piala Asia 2004

Photo :
  • AP Photo/Ng Han Guan

Indonesia unggul dua gol terlebih dahulu lewat aksi Budi Sudarsono (21') dan Ponaryo Astaman (48'). Qatar membalas satu gol melalui Magid Mohamed (83'). Ini menjadi catatan bersejarah, karena menjadi kemenangan perdana Indonesia di putaran final Piala Asia.

Sementara itu, Troussier dipecat Qatar dua hari usai kekalahan ini.

2. Indonesia U-22 3-2 Vietnam U-22 (SEA Games 2023)

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-22 usai bobol gawang Vietnam

Photo :
  • Instagram: PSSI

Kekalahan kedua Troussier atas Timnas Indonesia terjadi di semifinal SEA Games 2023. Troussier yang menangani Vietnam U-22 kalah 2-3 dari Indonesia U-22 besutan Indra Sjafri.

Tampil di di Olympic Stadium, Phnom Penh pada 13 Mei 2023, tiga gol Garuda Muda dicetak Komang Teguh (9'), Muhammad Ferrari (53') dan Taufany Muslihuddin (90'+6). Vietnam membalas dua gol melalui Nguyen van Tung (36') dan bunuh diri Bagas Kaffa (79').

3. Vietnam 0-1 Indonesia (Piala Asia 2023)

Asnawi Mangkualam di laga Timnas Indonesia vs Vietnam

Photo :
  • asiancup

Indonesia bertemu Vietnam di penyisihan Grup D Piala Asia 2023 yang digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar pada 19 Januari 2024. Troussier kembali meraih hasil buruk. Vietnam takluk 0-1 gara-gara gol tunggal Asnawi Mangkualam di menit 42 melalui titik penalti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya