5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Usai Permalukan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri Cetak Gol Ke Gawang Vietnam
Sumber :
  • Twitter: Timnas Indonesia

Jakarta - Timnas Indonesia berhasil meraih poin sempurna usai mempermalukan Vietnam dengan skor 1-0 dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno pada Kamis malam kemarin, 21 Maret 2024.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Satu gol Timnas Indonesia dibukukan Egy Maulana Vikri di menit ke 52. Hasil ini membuat skuad asuhan Shin Tae yong naik ke peringkat dua Grup F.

Berikut beberapa fakta menarik duel Timnas Indonesia vs Vietnam:

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

1. Timnas Indonesia Sempat Tertekan

Timnas Indonesia vs Vietnam di SUGBK

Photo :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles
Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Di babak pertama, Timnas Indonesia sempat mendapatkan perlawanan ketat dari tim tamu Vietnam. Namun untungnya skuad asuhan Shin Tae yong mampu menahan segala gempuran hingga akhirnya belum ada gol terjadi di babak pertama.

2. Naik ke Peringkat Dua

Timnas Indonesia Nyanyikan Lagu Kebangsaan

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam, membuat mereka naik peringkat kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona asia dengan empat poin. Kini Timnas Indonesia memiliki peluang untuk lolos ke babak selanjutnya jika meraih hasil di positif di tiga sisa pertandingan.

3. Torehan Vietnam

Timnas Vietnam di Piala Asia 2023

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Kekalahan atas Timnas Indonesia membuat Vietnam meraih torehan kurang baik. Dalam lima pertandingan terakhir di semua kompetisi, mereka belum pernah meraih kemenangan atau pun hasil imbang.

Selain itu juga, Vietnam berada di peringkat ketiga dengan tiga poin. Jika mereka tidak mampu meraih kemenangan di pertandingan selanjutnya, maka bukan tidak mungkin Vietnam akan tersingkir di babak Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia.

4. Beberapa Pemain Timnas Jalani Debut

Bek Timnas Indonesia Jay Idzes

Photo :
  • Instagram @timnas.indonesia

Empat di antara pemain yang baru dinaturalisasikan, hanya ada dua yang telah menjalani debut bersama Timnas Indonesia yaitu Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes.

Kedua pemain tersebut bermain sejak menit awal. Namun hanya Nathan yang bermain 45 menit sebelum akhirnya digantikan oleh Egi Maulana Vikri.

5. Egy Maulana Vikri Terbaik

Egy Maulana Vikri merayakan gol untuk Timnas Indonesia

Photo :
  • PSSI

Hampir semua pemain Timnas Indonesia bermain cukup apik saat menghadapi Vietnam. Namun untuk kemenangan Garuda Indonesia berkat gol tunggal dari Egy Maulana Vikri di menit ke 52. Alhasil pemain berusia 23 tahun itu terpilih sebagai pemain terbaik dalam laga tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya