SEA Games Vietnam Jadi Momen Pencak Silat Indonesia Unjuk Gigi

Ketum KONI, Letjen TNI Purn Marciano Norman dan para atlet Pencak Silat
Ketum KONI, Letjen TNI Purn Marciano Norman dan para atlet Pencak Silat
Sumber :
  • Dok.KONI

VIVA – Berbekal prestasi mentereng di ajang Asian Games 2018 lalu, cabang olahraga (cabor) Pencak Silat harusnya pede mendulang prestasi di ajang SEA Games Vietnam 2021 mendatang. 

Pencak Silat Indonesia kala itu (Asian Games 2018) berkontribusi besar dalam perolehan medali. Total 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu yang dikantongi Indonesia, dimana Silat menyumbangkan 14 emas dan 1 perunggu. 

Hal tersebut bisa jadi modal Indonesia untuk unjuk gigi di SEA Games Vietnam dimana Pencak Silat jadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingan. 

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman berkesempatan memberikan motivasi langsung kepada para atlet di Pelatihan Nasional (Pelatnas) cabang olahraga (cabor) pencak silat. Dalam kunjungan yang dilakukan pada Kamis 14 April 2022 di Padepokan Silat Taman Mini Indonesia Indah ini Marciano mengatakan agar Pencak Silat Indonesia mengeluarkan kemampuan terbaiknya. 

Pencak Silat Indonesia

Pencak Silat Indonesia

Photo :
  • Dok.KONI

Selain itu, dia menekankan agar Indonesia bisa memanfaatkan modal berharga sebagai Juara Umum Asian Games 2018. 

“Kita ini (Pencak Silat, red) Juara Umum di Asian Games 2018. Tentunya punya beban, dalam artian, untuk membuktikan kita bukan jago kandang. Buktikan saudara-saudara bukan jago kandang," kata Marciano saat meninjau Pelatnas Pencak Silat.

Halaman Selanjutnya
img_title