Emilia Nova, Perempuan Pembawa Bendera Pertama Indonesia di SEA Games

Emilia Nova
Sumber :
  • Dok. Pribadi

VIVA – Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam Ferry Kono membuat gebrakan baru.

Lanny Gumulya, Sang Legenda Lompat Indah Meninggal Dunia

Untuk kali pertama dalam sejarah partisipasi Indonesia di SEA Games, kaum hawa ditunjuk menjadi flag bearers atau pembawa bendera Merah Putih pada defile kontingen di Opening Ceremony SEA Games.

Adalah pelari gawang Emilia Nova yang mendapat kehormatan tersebut.

Pemprov Sumut Beri Bonus Atlet Berprestasi di SEA Games dan Asian Games

Ferry menjelaskan pemilihan Emilia sebagai flag bearers Kontingen Indonesia saat SEA Games dikarenakan rekam prestasi dara kelahiran 20 Agustus 1995.

Terlebih, multi-event dua tahunan paling bergengsi kali ini bakal menjadi ajang internasional perdana Emilia pasca-cedera. 

2023 dan Catatan Terburuk Bulutangkis Indonesia

“Kami memilih Emilia menjadi flag bearers Kontingen Indonesia. Ia berprestasi, dan terpenting adalah kami ingin membuktikan kami sangat concern dan mengedepakan gender equality. Kami memosisikan atlet putra dan putri memiliki hak dan kesempatan yang setara,” kata Ferry, Selasa 27 April 2022.

Emilia merupakan atlet berpretasi dari cabang olahraga atletik. Ia merupakan peraih medali perak SEA Games 2017 Kuala Lumpur, medali perak Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, serta medali emas 2019 SEA Games Filipina. 

Panitia penyelenggara SEA Games Vietnam (VIESGOC) sudah merilis aturan parade defile. Setiap negara dibatasi hanya boleh membawa 31 partisipan, terdiri dari CdM, pembawa bendera, atlet, pelatih dan official.

“Tidak semua kontingen ikut defile, sehingga kami memprioritaskan parade defile diikuti cabor yang bertanding setidaknya pada 14 April untuk menjaga kondisi tubuh atlet-atlet kami sehingga tidak kelelahan saat mereka harus bertanding,” kata Ferry.

Sementara itu, Emilia mengaku bangga bisa mendapat kepercayaan menjadi pembawa bendera di SEA Games. Apalagi, penunjukkan ini menjadikannya sebagai atlet putri pertama yang membawa bendera di SEA Games.

“Saya tidak menyangka karena kan banyak banget atlet Indonesia lain yang berprestasi. Tiba-tiba kok saya mendapat tawaran untuk membawa bendera,” terang Emilia.

“Tentu ini kebanggaan untuk saya. Apalagi setelah saya baru pulih dari cedera, ibaratnya ajang ini menjadi comeback saya. Semoga dengan terpilihnya saya juga bisa memberikan semangat sehingga saya bisa memberikan prestasi lebih baik lagi untuk Indonesia.” 

Lebih lanjut, Emilia menjelaskan pemilihan dirinya menjadi bukti kesetaraan kaum perempuan di olahraga Indonesia. Emilia dijadwalkan bertanding pada 16 Mei di nomor 100 m lari gawang putri. 

“Menurut saya perempuan yang memiliki prestasi internasional itu keren banget karena menjadi juara susah di masa sekarang. Memang terkadang harus ada yang dikorbankan, tetapi semuanya itu worth it,” kata Emilia.

Sebelum Emilia, Kontingen Indonesia juga pernah memilih atlet putri Maria Natalia Londa sebagai pembawa bendera di Asian Games 2014 Incheon. Dengan penunjukkan Emilia, ia resmi menjadi pembawa bendera pertama Kontingen Indonesia di SEA Games.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya