Sejarah Tercipta, Timnas Basket Indonesia Raih Emas SEA Games 2021

Timnas Basket Indonesia meraih medali emas di SEA Games 2021
Timnas Basket Indonesia meraih medali emas di SEA Games 2021
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Timnas Basket Indonesia berhasil meraih medali emas di SEA Games 2021 Vietnam. Tampil di Thanh Tri District Sporting Hall, Hanoi, Vietnam, Minggu 22 Mei 2022, tim Merah Putih menumbangkan Filipina 85-81.

Indonesia tampil cukup meyakinkan di kuarter pertama. Mengandalkan Marques Bolden dan Derrick Michael, Indonesia mampu unggul 18-14 di kuarter pertama.

Filipina coba membalas di kuarter kedua. Permainan berjalan sangat ketat sehingga membuat skor menjadi 36-32 di akhir kuarter kedua setelah masing-masing tim menambah 18 poin.

Memulai kuarter ketiga, tim Merah Putih mendapat tekanan cukup besar dari Filipina yang selama ini selalu menjadi yang terbaik di SEA Games.

Terbukti, tim lawan bisa mendulang 28 angka. Namun, Indonesia masih bisa mengimbangi dengan meraih 27 poin.

Puncaknya, Indonesia mampu menambah 22 angka di kuarter pamungkas. Poin kerap didapat dari tembakan pelanggaran yang dilakukan Filipina.

Indonesia pun mengakhiri laga ini dengan kemenangan 85-81 atas Filipina dan berhak merebut medali emas SEA Games 2021. Hasil ini membuat tim Merah Putih berhasil meraih medali emas pertamanya sejak keikutsertaannya di multievent dua tahunan pada 1977 sekaligus mematahkan dominasi Filipina yang sudah bertahan sejak 13 edisi SEA Games.