Apakah Berhubungan Seksual Dihitung Sebagai Olahraga?

Ilustrasi bercinta
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Sport – Mungkin selama ini masih banyak yang bertanya-tanya tentang hubungan seksual dan olahraga. Apakah berhubungan seksual itu termasuk ke dalam olahraga? Jika beralih pada penelitian dan sebagian besar pelatih pribadi, jawabannya adalah "tidak".

Bermanfaat untuk Kesehatan Mental, Acara Lari Ini Banyak Diikuti Peserta Perempuan

Melansir dari Muscle and Fitness, sebuah studi menemukan bahwa sesi berhubungan intim yang berlangsung rata-rata 25 menit membakar rata-rata 101 kalori pada pria dan 69,1 kalori pada wanita. Namun dibandingkan dengan 30 menit lari intensitas sedang yang membakar 279 kalori pada pria dan 213 kalori pada wanita, seks bukanlah sebuah olahraga yang melelahkan. 

Sementara dalam studi lain ditemukan bahwa pria menghabiskan sekitar 3,5 kalori per menit saat berhubungan seks, kira-kira setara dengan berjalan dengan kecepatan sedang. Sesi berhubungan intim rata-rata hanya berlangsung sekitar enam menit, namun membuat total pembakaran kalori cukup diabaikan.

Inovasi Penurunan Kelelahan Otot untuk Pencinta Trail Run

Tidak disebut sebagai olahraga 

ilustrasi hubungan seksual

Photo :
  • Times of India
Belum Banyak Disadari, Ini Pentingnya Lakukan Donor Darah

“Seks tidak akan dianggap sebagai olahraga dalam hal pengeluaran kalori dan peningkatan otot dalam pengertian tradisional,” kata Sara Silberstang, seorang ahli yoga. “Namun, 4-5 kalori per menit masih lebih baik daripada nol.”

Salah satu cara untuk membuat seks lebih dari sekadar latihan kardio adalah dengan meningkatkan waktu tindakan. Setiap waktu yang dihabiskan untuk melakukan aktivitas fisik apapun lebih baik daripada hanya berdiam diri dan duduk di sofa. 

Penelitian telah menemukan bahwa seks dapat meredakan kecemasan dan depresi hingga tekanan darah tinggi. Ketika pria orgasme, tubuh mereka melepaskan seratonin, oksitosin dan prolaktin, semua hormon tersebut terkait dengan suasana hati yang lebih baik, relaksasi dan menurunkan stres. Berbagai penelitian juga menemukan hubungan antara seks teratur dan penurunan risiko penyakit jantung dan kanker prostat dan sistem kekebalan yang lebih kuat.

Hanya membuatnya disebut workout

Ilustrasi wanita olahraga di rumah.

Photo :
  • U-Report

Salah satu alasan mengapa seks tidak diklasifikasikan sebagai olahraga adalah karena durasi rata-ratanya: 3 hingga 13 menit,” jelas Silberstang. "Jadi, tentu saja, salah satu cara untuk membuat seks lebih dari latihan kardio adalah dengan meningkatkan waktu tindakan." 

Silberstang juga menambahkan, “Salah satu cara untuk meningkatkan waktu di tempat tidur dan meningkatkan potensi manfaat workout seks adalah dengan mengaktifkan otot-otot dasar panggul.” 

"Dasar panggul adalah bagian terdalam dari otot inti, dan mempelajari cara mengaktifkan area ini menyebabkan peningkatan aliran darah ke alat kelamin, orgasme yang lebih lama dan intens dan mencegah ejakulasi dini,” tambahnya lagi.

Kamu mungkin pernah mendengar tentang exercise kegel yang bermanfaat bagi wanita dan sama baiknya untuk pria. Karena dapat membantu dalam segala hal mulai dari kesehatan prostat hingga peningkatan daya tahan seksual. 

“Untuk melakukan kegel, itu adalah kontraksi otot yang sama dengan menghentikan aliran urin di tengah-tengah,” jelas Silberstang.

Dengan exercise kegel tersebut akan membuat perbedaan pada daya tahan seksual dalam waktu sekitar seminggu jika memang dilakukan secara  konsisten.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya