Edy Rahmayadi Minta Penataan Kota Balige Jelang F1 Power Boat

Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi.
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra.

VIVA Sport – Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi memimpin rapat persiapan pelaksanaan Power Boat F1 (F1H20), yang akan berlangsung pada 24-26 Februari 2023. Mantan Pangkostrad itu, untuk memastikan pembangunan arena, kesehatan, hingga keamanan.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Dalam Rapat berlangsung di Aula Tengku Rizal Nurdin di Jalan Jendral Sudirman, Kota Medan, Rabu 11 Januari 2023. Dihadiri oleh Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin dan Kapolda Sumut Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak.

Edy meminta kepada seluruh pihak penyelenggara kegiatan ini, untuk memberikan kenyamanan kepada seluruh peserta Power Boat F1 dan seluruh masyarakat serta wisatawan yang akan hadir dalam sport tourism tersebut.

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi saat memimpin rapat persiapan F1 Power Boat

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra

"Ini omong kosong, kalau hanya pembalapnya aja yang nyaman di situ. Padahal niat kita adalah menyemarakkan destinasi super prioritas Danau Toba ini bagi masyarakat dan wisatawan," kata Edy.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

Edy menginstruksikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba untuk dapat bekerja sama melakukan penataan Kota Balige.

"Waduh, semrawut sekali itu jalannya Balige. Saya mau tanggal 22 Februari 2023, gladi bersih di lokasi," tutur Edy.

Edy mengatakan untuk menyukseskan event olahraga internasional ini. Promosi harus dilakukan besar-besaran. Sehingga memberikan dampak besar pada pelaksanaan Power Boat ini. 

"Branding ini harus jelas. Branding ini sudah harus dilakukan kemana-mana.Sehingga dengan waktu yang singkat ini, orang tahu semua," ujarnya.

Edy meminta kepada Kapolda Sumut untuk memberikan keamanan bagi nelayan yang mencari nafkah di perairan Danau Toba. Jangan juga sampai mengganggu pelaksanaan kegiatan Power Boat F1.

"Kita akan menjaga masyarakat yang sehari-hari hidupnya sebagai nelayan di Danau Toba. Ini juga harus diamankan sama Kapolda," katanya.

Perlengkapan Power Boat F1

Pembangunan arena, sarana dan prasarana Power Boat F1 diperkirakan akan siap pada 10 Februari 2023. Kapolda Sumut mengatakan saat ini sedang dilakukan pembangunan tribun-tribun penonton dan fasilitas yang lainnya.

"Secara umum pembangunan area sudah berlangsung berjalan dengan baik. Pembangunan arena hampir selesai, tinggal menyiapkan tribun saja, yang dikerjakan teman-teman PUPR," kata Panca.

Sarana Power Boat F1 akan tiba melalui Pelabuhan Belawan, Kota Medan. Kemudian, akan dilakukan pengawalan dan pengamanan untuk pengangkutan perlengkapan sarana tersebut.

"Tanggal 10 Februari 2023, barang terkait acara ini. Sarana lomba, akan masuk sudah masuk dan harus dikirim tanggal 16 Januari 2023, melalui pelabuhan Belawan. Kawan-kawan sudah melakukan gladi resik dari Pelabuhan Belawan hingga ke Toba," sebut Panca.

Panca meminta kepada perwakilan Kementerian PUPR di Sumut, untuk melakukan perbaikan jalan status jalan nasional. Sehingga memberikan kemudahan dan kelancaran untuk pengangkutan sarana Power Boat F1 ini dari Pelabuhan Belawan ke Balige.

"Jalan aspal jalan Nasional dari Tebing Tinggi menuju Siantar harus diperbaiki.(bila tidak diperbaiki) akan mengganggu pengiriman kontainer," sebut Panca.

Pos keamanan sudah kita tempatkan untuk proses pembangunan sekitar arena. Hari ini, sudah berdiri pos disana, isi personil TNI/Polri. Yang saat ini, masih dilakukan proses pembangunan.

Usai pembangunan arena Power Boat F1 ini, Kepolisian bersama TNI terlebih dahulu akan melakukan pengamanan dan pengawalan untuk pendistribusian perlengkapan sarana pertandingan, termasuk sarana dan prasarana serta kapal-kapal yang ikut bertanding event olahraga internasional itu.

"Tanggal 10 Februari 2023, sudah selesai pembangunannya dan sudah clear. Proses masuk kelengkapan di arena tersebut. Berlomba dengan waktu," jelas Panca.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya