Pesan Menpora ke Pj Gubernur Aceh untuk Pelaksanaan PON 2024

Menpora Zainudin Amali
Menpora Zainudin Amali
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

VIVA Sport – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengenalkan maskot Aceh yaitu gajah putih atau po meurah untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI Aceh–Sumut 2024 mendatang. Launching tersebut digelar di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Sabtu, 28 Januari 2023.

Maskot gajah tersebut lengkap dengan kain tenun asal Aceh berwarna kuning dan kupiah meukeutop yang disematkan di atas kepala gajah. Sementara untuk tagline-nya yaitu ‘bersatu kita juara’. Maskot itu nantinya akan disandingkan dengan maskot dari Sumatera Utara.

“Hari ini, khusus maskot, tagline dan logo untuk Aceh. Besok ke Sumut melakukan hal yang sama. Ini jadi penanda bahwa Aceh-Sumut di 2024 akan jadi tuan rumah dan pembukaannya di Aceh,” kata Zainuddin kepada wartawan.

Menpora RI Zainuddin Amali (dua kanan) Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki (kanan)

Menpora RI Zainuddin Amali (dua kanan) Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki (kanan)

Photo :
  • ANTARA/Khalis Surry

Zainuddin mengatakan, PON 2024 merupakan kali pertama digelar di dua provinsi berbeda yang jadi tuan rumah. Meski begitu, ada target khusus yang hendak dicapai di dua provinsi tersebut.

Masing-masing yaitu target penyelenggaraan secara bersama, peningkatan prestasi hingga meningkatkan ekonomi ke dua daerah. Kata dia, bukan tidak mungkin ke depan pelaksanaan PON akan digelar di dua provinsi lagi.

Halaman Selanjutnya
img_title