Dave: DBON Butuh Dukungan Pimpinan Cabor dan Akademisi

Menpora saat sosialisasikan DBON
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA Sport – Pemerintah serius bekerja untuk olahraga nasional. Pelibatan banyak pihak dan saling bergandengan tangan adalah kunci mencapai target keberhasilan secara menyeluruh. 

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis

Ketua Umum PPK Kosgoro 57 Dave Akbarshah Fikarno Laksono memandang, Perpres No 86 Tahun 2021 Tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) merupakan wujud upaya pemerintah menyempurnakan ekosistem keolahragaan nasional.

“DBON telah menjadi pijakan dan panduan untuk  perbaikan ekosistem pembinaan olahraga nasional,” kata Dave kepada wartawan, Jumat 24 Februari 2023.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 Dave Laksono

Photo :
  • Kosgoro 1957

DBON sudah mencakup dari hulu sampai ke hilir. Hulunya adalah kebugaran & hilirnya adalah prestasi. Sehingga, menurut Dave, tak perlu lagi harus membuat panduan baru karena ruh dari UU No 11 tahun 2022 Tentang Keolahragaan adalah DBON.  

MK Sudah Putuskan, Dave Laksono Minta Tak Ada Lagi Tuduhan Politisasi Bansos

Tugas penerus Menpora Zainudin Amali ke depan adalah mengawal dan mengimplementasikan DBON di lapangan.

“Agar terlaksana dengan baik dan koordinasi lintas K/L yang dipimpin oleh Wapres RI terjalin denfan harmonis serta target-target kebugaran dan prestasi itu terwujud,” papar Anggota DPR RI F-Golkar ini.

Lebih lanjut, Dave menekankan, pelibatan dan dukungan pemangku kepentingan olahraga nasional harus dilakukan demi masa depan olahraga nasional yang baik. 

“Perlu dapat dukungan dari para akademisi ilmu keolahragaan dan para pimpinan cabang olahraga (cabor) serta pemangku kepentingan lainnya, karena DBON ini disusun bersama-sama mereka, terutama dengan APKORI (Asosiasi Profesor ilmu Keolahragaan),” tandas Dave.

Dave Laksono, Ketua Umum Kosgoro

Photo :
  • VIVA/ Eduward Ambarita

DBON merupakan rencana besar arah kebijakan pembinaan dan pengembangan olahraga nasional. DBON diluncurkan pada 9 September 2021 bertepatan pada perayaan Hari Olahraga Nasional

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya