1H2O Danau Toba, Jokowi : Picu Peningkatan Ekonomi di Daerah

Presiden RI, Joko Widodo saat menyaksikan langsung F1H2O Danau Toba 2023
Sumber :
  • B.S. Putra (Medan)/ VIVA

VIVA Sport – Sport tourism digelar secara internasional seperti F1 Powerboat atau F1H2O Danau Toba, di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Dinilai memberikan kontribusi dan picu peningkatan ekonomi daerah tersebut.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Hal itu, disampaikan oleh Presiden RI, Joko Widodo disela-sela penyelenggaraan Grand Prix F1 Powerboat Danau Toba, di Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Minggu 26 Februari 2023.

"Kita harapkan event internasional ini bisa membangun brand setiap daerah, Danau Toba ada F1 Powerboat, di Mandalika ada Moto GP, Jakarta ada Formula E, ini akan memicu peningkatan ekonomi di daerah, sangat bagus sekali," jelas Jokowi.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Presiden Jokowi juga merasakan keseruan balapan F1H2O tersebut. Jokowi mengaku balapan tersebut sangatlah seru. Ia pun baru pertama kali menonton F1 Powerboat.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

"Ini akan mentriger ekonomi di daerah. Sangat bagus sekali. Semua kita jajaki, karena event akan membawa brand kuat seperti F1 Powerboat ini sangat kuat," ucap Presiden Jokowi.

Selain F1H2O dan MotoGP, Jokowi mengungkapkan sedang menjajaki untuk mendatangkan Formula 1 di Indonesia. Sehingga potensi alam pariwisata yang bagus di Indonesia. Dapat dipromosikan dari event sport tourism sekala internasional.

"Kita juga ingin menarik Formula1 (balap mobil) masuk ke Indonesia. Mungkin tahun depan. Ini baru penjajakan. Baru menyiapkan tim untuk menuju ke sana," jelas Jokowi.

Menurut Jokowi, dengan adanya perhelatan internasional di beberapa daerah di Indonesia kiranya dapat menggerakkan ekonomi daerah. Pemrintah juga menjajaki event internasional lainnya untuk berlangsung di Indonesia. 

"Kita juga ingin menarik Formula1 (balap mobil) masuk ke Indonesia. Mungkin tahun depan. Ini baru penjajakan. Baru menyiapkan tim untuk menuju ke sana," kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, dengan kontrak selama 5 tahun untuk menyelenggarakan F1H2O. Mantan Gubernur DKI itu, untuk tahun depan dalam pelaksanaan, yang menjadi kekurangan untuk diperbaiki dan sudah bagus untuk ditingkatkan lagi.

"Masih banyak yang perlu diperbaiki di wilayah danau toba ini. Infrastrukturnya. Terminal airportnya. Untuk F1 powerboat ini saja masih banyak kekurangan yang harus kita perbaiki. Saya kira Semua butuh waktu, semua butuh proses," kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan bahwa F1H2O ini adalah langkah awal untuk membangun infrastruktur dan akomodasi di daerah Kawasan Danau Toba. 

"Oleh sebab Itu yang saya sampaikan. Ini akan mentriger pertumbuhan ekonomi. Kalau ini ramai terus seperti ini akan mentriger satu dua tiga akan muncul pembangunan hotel baru. Karena memang dibutuhkan. Akan ada restoran baru, akan muncul pertumbuhan ekonomi di daerah wisata di daerah super prioritas," ucap Jokowi.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya