Timnas Teqball Indonesia Tergetkan 1 Medali Emas di SEA Games 2023

Timnas Teqball Indonesia
Sumber :
  • NOC Indonesia

VIVA Sport – SEA Games 2023 akan remsi dibuka pada 5 Mei 2023 besok. Total ada 36 cabang olahraga yang dipertandingkan di Kamboja. Selain itu ada juga satu cabor eksibisi yakni olahraga baru Teqball.

Erick Thohir: Generasi Emas Sepakbola Indonesia Telah Lahir

Teqball ini terlihat seperti olahraga menggabungkan sepakbola dengan tenis meja. Maklum saja teqball ditemukan oleh seorang mantan pemain sepak bola dan seorang ahli komputer. 

Olahraga ini dimainkan oleh dua pemain dalam pertandingan tunggal. Sedangkan untuk ganda antara tiga sampai empat pemain. 

Gudang Amunisi Meledak dan Tewaskan 20 Tentara, Menhan Kamboja Salahkan Cuaca Panas

Teqball dimainkan pada meja melengkung dan menggunakan bola seperti yang dipakai pada permainan sepak bola. Yang membedakan dengan sepak bola, pemain bisa menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan.

Timnas Teqball Indonesia sudah bertolak ke Kamboja pada Rabu (3/5/2023) malam WIB. Di SEA Games 2023, Indonesia akan bertarung dengan enam negara Asia Tenggara lainnya yakni Thailand, Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam, Filipina dan tuan rumah Kamboja.

Viral Megawati Kenalin Pacarnya ke Pemain Red Sparks, Ternyata Peraih Medali SEA Games

Manajer Tim Teqball, Umar Aryo mengatakan, 4 atlet terbaik dikirim untuk ajang ini. Mereka adalah Benidiktus Budi Setyoko, Tyoga, Ardika Putra, Yunita Indria dan Husni Uba. Mereka akan turun tiga nomor yang dipertandingkan, diantara tunggal putra, tunggal putri dan ganda putra.

"Teqball Indonesia berangkat dengan delapan orang termasuk pelatih dan ofisial. Atletnya empat orang. Kita optimis di SEA Games 2023 karena sudah berlatih selama dua bulan di STC Senayan. Kita yakin mendapatkan medali emas di eksebisi SEA Games Kamboja ini," tutur Umar Aryo.

"Saya anggap semua negara pesaing terberat kami. Kami tidak meremehkan satu negara manapun. Tapi Thailand patut dipertimbangkan karena lebih mengenal teqball lebih lama dan sering ikut kejuaraan dunia," ucap Umar Aryo, menambahkan.

Eksebisi SEA Games 2023 diharapkan Inateq akan semakin membuat masyarakat luas mengenal olahrag Teqball ini.

"Kami akan berupaya mensosialisasikan Teqball di Indonesia. SEA Games 2023 semoga menjadi pemicu awal agar masyakat Indonesia lebih mengetahui olahraga ini. Kami juga akan melakukan sosialisasi ke berbagai daerah," tegas Aryo.

Sementara itu, Direktur Badan Tim Nasional Teqball Indonesia, Benny Erwin mengatakan para atlet sudah siap tampil dan memenuhi target.

"Semua Pemain sudah siap bertanding dan tanggal 6 Mei nanti akan dimulai pertandingan pertama nomor putri. Target 1 emas 1 perak dan 1 perunggu," ucap Benny Erwin.

Di sisi lain, karena bersifat eksebisi saja, perolehan medali di cabor Teqball ini tidak akan masuk di klasemen umum. Namun medali akan tetap diraih atlet Teqball seperti olahraga lainnya yang ikut di SEA Games 2023.

Daftar Tim Teqball Indonesia di SEA Games 2023

1. Benidiktus Budi Setyoko - Atlet
2. Yoga Ardika Putra - Atlet
3. Yunita Indria - Atlet
4. Husni Uba - Atlet
5. Jovinus Carolus Legawa - Ketua Umum
6. Susan Soebakti - Sekjen
7. Benny Erwin - official
8. Umar Aryo Seno- official
9. Zulfikar Kalia - official
10. Muhammad Fitrah - official


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya