PB PRSI Sambut Kedatangan Pahlawan Olahraga Usai Tampil di SEA Games 2023

PB PRSI sambut kedatangan atlet usai berlaga di SEA Games 2023
Sumber :
  • VIVA / Robbi Yanto

VIVA Sport – Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) menyambut kedatangan para atlet dan official usai bertanding di SEA Games 2023.

Erick Thohir: Generasi Emas Sepakbola Indonesia Telah Lahir

Siman Sudartawa dan kawan-kawan tiba di Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat 12 Mei 2023. 

Mereka disambut Ketua Bidang Tim Nasional, Reva Dedi Utama. Turut menyambut perwakilan dari KONI Pusat, NOC Indonesia, dan Kemenpora.

Viral Megawati Kenalin Pacarnya ke Pemain Red Sparks, Ternyata Peraih Medali SEA Games

Reva Dedi Utama dalam sambutannya mengapresiasi perjuangan atlet yang mampu melampaui target yang dicanangkan.

Dia berharap, capaian ini menjadi pemacu semangat bagi atlet untuk berprestasi di ajang-ajang lainnya yang lebih besar.

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

"Pertama tentu saya mewakili PRSI di bawah pimpinan pak Anindya Novyan Bakrie mengucapkan selamat datang kepada tim renang dan diving yang mendapatkan hasil yang memuaskan," kata Reva.

"Atlet melampaui target dari pemerintah 2 emas dan 3 emas dari PRSI. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas perjuangan teman-teman dan semoga ke depan dapat memberikan prestasi yang lebih tinggi," sambungnya.

Sementara itu, Komite Eksekutif NOC, Teuku Arlan Perkasa Lukman berharap para atlet tidak cepat puas dengan capaian tersebut dan terus memacu diri lebih baik untuk ajang terdekat yakni ASIAN Games 2023.

"Tadi malam saya sudah ngobrol dengan Ketum PRSI bahwa atlet hanya diberikan satu pekan untuk istirahat dan tim akan bersiap untuk ANOC World Beach Games di Bali," ucapnya.

"Selain itu, ada kabar bagus juga bahwa nanti akan ada try out di luar negeri. Mudah-mudahan mendapatkan hasil yang baik lagi di ANOC World Beach Games dan Asian Games," jelasnya.

Cabang olahraga renang Indonesia memenuhi target membawa pulang tiga emas dari total 39 keping yang diperebutkan pada SEA Games 2023 Kamboja.  

Selain emas, skuad Merah Putih juga mengemas satu perak dan tiga perunggu dalam perlombaan yang berlangsung di Morodok Techo National Aquatics Center, Phnom Penh, sejak Sabtu hingga Kamis, 6-11 Mei 2023.

Adapun medali emas yang diraih Indonesia pada SEA Games Kamboja berasal dari perenang senior I Gede Siman Sudartawa pada nomor 50 meter gaya punggung putra dengan catatan waktu 25,16 detik.

Masniari Wolf juga sukses mempertahankan emas di nomor 50 meter gaya punggung dengan catatan waktu 28,89 detik sekaligus memecahkan rekor SEA Games milik Tao Li asal Singapura dengan 28,90 detik di SEA Games XXVIII/2015 Singapura.

Terakhir adalah perenang debutan Felix Viktor Iberle yang turun pada nomor 50 meter gaya dada putra dengan catatan waktu 27,70 detik.

Felix juga memecahkan rekor SEA Games pada sesi kualifikasi dengan 27,56 detik mengeser catatan waktu Chien Yin Lionel Kho asal Singapura dengan 28,15 detik ketika berlaga pada SEA Games XXX/2019 di Filipina.

Sementara untuk perak melalui Farrel Armandio Tangkas yang bersaing di nomor 100 meter gaya punggung.

Kemudian perunggu dari nomor estafet 4x100 meter gaya ganti (Farrel Armandio Tangkas, Muhammad Dwiky Raharjo, Joe Aditya Wijaya Kurniawan, Erick Ahmad Fathonidan), Angel Gabriella Yus yang turun di nomor 100 meter gaya punggung putri, dan Muhammad Dwiky Raharjo pada 50 meter gaya dada putra.

Pencapaian di Kamboja lebih baik dibanding hasil SEA Games 2021 yang bergulir di Vietnam tahun lalu dengan dua emas, tiga perak, dan 10 perunggu.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya