Belum Tentukan Target PON 2024, Tim Voli Sumut Disiapkan Ikuti Liga

PBVSI Sumatera Utara saat menggelar jumpa pers
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA Sport – Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Sumatera Utara (Sumut), siapkan tim untuk tampil di Liga. Kompetisi ini menjadi acuan PBVSI Sumut untuk mematok target di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut.

Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Makin Berkembang

"Kemungkinan besar diawal tahun bisa memberikan statement setelah kita mengarungi Livoli, kejuaraan voli pasir, indoor di nasional. Baru kita petakan dengan progres latihan baik triwulan, semester dan tahunannya," ungkap Kepala Bidang Prestasi PBVSI Sumut Dr. Indra Kasih dalam keterangannya di Posko Publikasi PON XXI/2024 di Kantor Dispora Sumut, Jumat 9 Juni 2023.

Saat ini, PBVSI Sumut fokus melakukan training center terhadap atlet voli indoor putra dan putri masing-masing 16 atlet dan voli pantai putra dan putri masing-masing 6 atlet. Tim voli tersebut akan mengikuti tes fisik untuk menentukan masuk dalam program Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda), masing-masing 12 atlet voli indoor putra dan putri dan 4 atlet masing-masing tim voli pantai.

Menhub Pede Bandara Jenderal Besar A.H. Nasution Bakal Pacu Potensi Ekonomi di Mandailing Natal

"Selesai TC akan ada liga. Liga inilah yang akan menjadi ajang try out bagi pengurus dan survey kekuatan tim Jawa dan luar Jawa. Sehingga apa tuntutan KONI dan Disporasu bisa kita berikan berapa targetnya," jelas Indra turut didampingi Wakil Sekretaris PBVSI Sumut Sulasni.

PBVSI Sumut sendiri tengah mencari sosok pelatih voli indoor dan pantai. Ini dilakukan untuk meningkatkan prestasi para atlet. Pencarian pelatih tersebut, PBVSI Sumut menjalin kerjasama dengan Jepang yang akan mengirimkan pelatih putri, Nomura Yasuyo pada Oktober 2023 mendatang. Sedangkan untuk voli indoor lagi mencari pelatih yang pernah melatih di klub.

Megawati Resmi Perpanjang Kontrak dengan Red Sparks, Ternyata Segini Kenaikan Gajinya di Musim Depan

PBVSI

Photo :
  • 1487267

Sebelumnya, Wakil Sekretaris PBVSI Sumut Sulasni menyebutkan, target 1 medali emas di voli indoor dan 1 perak di voli pantai dapat tercapai di PON 2024.

"Indoor tetap upaya walaupun terlalu muluk dengan emas. Insha Allah target perak. Voli pantai, ada beberapa roadshow, mudah mudahan emas," 

Namun hal tersebut tampaknya Indra enggan mengamininya. Indra mengaku, alasan PBVSI Sumut belum menentukan target PON 2024 karena belum mengetahui kekuatan tim voli provinsi lain, terutama di Pulau Jawa yang selalu mendominasi. Untuk itu, tim voli Sumut dipersiapkan mengikuti liga dan kejuaraan voli, untuk menakar kemampuan provinsi lain.

"Untuk voli indoor lihat perkembangan dan pertandingan nasional serta liga-liga yang lain. Bola voli pasir, ingin target terbaik, tapi belum tahu apakah emas, perak, perunggu karena akan banyak mengikuti event seperti di Sidoarjo dan roadshow. Kita lihat kekuatan provinsi lain dan ukur kekuatan kita dan target yang akan kita dapatkan," sebutnya.

"Voli ini dinamis, maka perlu kita petakan kekuatan kekuatan itu dan perlu kita ikuti try in, tryout untuk mendapatkan informasi kekuatan lawan," jelas Indra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya