Gubernur Sumut Sambut Atlet Peraih Medali ASEAN Para Games, Janji Siapkan Bonus

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi sambut kedatangan Atlet ASEAN Para Games
Sumber :
  • VIVA/B.S Putra

VIVA Sport – Atlet National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara, usai bertarung ASEAN Para Games 2023 Kamboja 2023, disambut langsung oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi di Bandara Kualanamu Internasional Airport, Kabupaten Deli Serdang, Minggu malam, 11 Juni 2023. 

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Dalam penyambutan ini, satu persatu atlet dan pelatih yagn baru saja membela Indonesia di ASEAN Para Games 2023 Kamboja, mendapat kalungan bunga Edy Rahmayadi.

Untuk diketahui, ASEAN Para Games 2023, Sumut turut menyumbangkan 20 emas, 17 perak, dan 13 perunggu. Gubernur Sumut, Edy Rahyamadi mengaku bangga atas prestasi yang diukir oleh para atlet NPC Sumut.
 
“Luar biasa, dari tahun ke tahun kita terus bertambah. Kita punya medali emas 20, 17 perak, dan 12 perunggu. 40 persen naik ningkat medali,” ucap Gubernur Edy.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

Gurbernur Edy mengatakan keterbatasan tidak menyurutkan meraih prestasi membanggakan. Dimana para atlet asal Indonesia mencatatkan sejarah dengan meraih juara umum ASEAN Para Games tiga kali secara berturut-turut. 

“Saat ini, Indonesia sedang berjuang. Kemarin bola kita sudah bisa medali emas, tapi belum bisa masuk di nomor satu (SEA Games). Indonesia sekarang nomor satu di ASEAN Para Games. Kita sekarang juara umum. Kita harapkan ke depan semua penduduk kita 275 juta, pastinya kita bisa,” jelas Gubernur Edy.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Photo :
  • VIVA.co.id/BS Putra

Mantan Pangkostrad itu, berpesan kepada atlet NPC Sumut ini, untuk tetap konsisten dalam membina atlet, terutama menyongsong persiapan tuan rumah PON dan Peparnas 2024.  

Gubernur Edy juga berharap para atlet disabilitas bisa menunjukkan kelasnya di level nasional dan tampil terbaik di Peparnas nanti.

“2024 kita sedang berusaha melakukan pembinaan-pembinaan, khususnya di Sumut ini karena PON dan Peparnas ada di Aceh dan Sumut,” ucap Gubernur Edy.

Mantan Ketua Umum PSSI itu, sudah menyiapkan bonus bagi atlet meraih medali ASEAN Para Games."Pasti, pasti (bonus), kita apresiasi,” tutur Gubernur Edy.

Sementara itu, Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting mengapresiasi perhatian yang selama ini terus diberikan pemerintah provinsi kepada NPC Sumut sehingga bisa mencapai prestasi hingga ke kancah internasional. 

"Kami telah berjuang maksimal dan inilah yang kami bawa pulang dari kamboja untuk Indonesia dan seluruh masyarakat Sumut khususnya," ujar Alan.

Alan berharap, capaian ini juga menjadi motivasi bagi para atlet Sumut lainnya untuk bisa kelak nantinya membela Indonesia di level internasional. Pada ASEAN Para Games Kamboja, Sumut merupakan penyumbang medali terbanyak ketiga untuk Indonesia setelah Jawa Tengah dan Jawa Barat.

“Kita ingin ini menjadi motivasi bagi atlet-atlet di kabupaten dan kota bahwa atlet disabilitas saat ini sudah diperhatikan betul-betul sama pemerintah. Makanya, Peparnas 2024 menjadi kesempatan kita untuk bisa tampil yang terbaik dari provinsi lainnya,” pesan Alan.

Pada ASEAN Para Games 2023, Indonesia tampil sebagai juara umum dengan torehan 159 emas, 148 perak, dan 94 perunggu. Diikuti oleh Thailand dengan 126 emas, 110 perak, dan 92 perunggu, serta Vietnam di posisi tiga dengan 66 emas, 58 perak, dan 77 perunggu.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya