Bonus Atlet ASEAN Para Games Naik, Peraih Emas Dapat Rp525 Juta

Ketua DPR RI Puan Maharani dan Sesmenpora Gunawan Suswantoro
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Sport  – Kontingen Indonesia yang berhasil menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023 Kamboja telah tiba di Indonesia. Kedatangan para atlet yang telah berhasil mengharumkan nama bangsa itu disambut Ketua DPR RI Puan Maharani dan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Seskemenpora) Gunawan Suswantoro di Bandara Adi Soeamarmo, Boyolali, Sabtu petang, 10 Juni 2023.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Pantauan VIVA, Ketua DPR RI yang juga politisi PDIP Perjuangan itu mengucapkan selamat sembari mengalungkan bunga kepada para atlet yang baru saja mengikuti pesta olahraga bagi atlet-atlet penyandang disabilitas se-Asia Tenggara. Kedatangan kontingen Indonesia ASEAN Para Games 2023 diangkut menggunakan dua pesawat yang mendarat pada pukul 17.00 dan 19.30 WIB.

Puan Maharani mengatakan kontingen Indonesia yang telah berjuang di ASEAN Para Games telah kembali semua ke Tanah Air pada Sabtu sore, 10 Juni 2023. Ia mengaku bangga dengan keberhasilan para atlet yang tergabung dalam National Paralympic Committe (NPC) Indonesia karena telah berhasil menjadi juara umum untuk ketiga kalinya secara berturut-turut di ASEAN Para Games.

Viral Megawati Kenalin Pacarnya ke Pemain Red Sparks, Ternyata Peraih Medali SEA Games

"Atlet telah kembali semua dan berhasil sebagai juara umum tiga kali hattrick yang membawa 159 medali emas, 148 medali perak dan 94 medali perunggu. Jadi totalnya ada 401 medali. Ini suatu kebanggaan bagi Indonesia bahwa atlet-atlet ini bisa juara umum tiga kali. Saya megucapkan selamat kepada seluruh atlet atas prestasinya," kata dia Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Sabtu, 10 Juni 2023.

Dalam kesempatan itu Ketua DPP PDI itu juga sempat menyinggung terkait jumlah bonus bagi para peraih medali ASEAN Para Games 2023 Kamboja. Menurutnya bonus yang bakal diterima para atlet disabilitas peraih medali itu sama jumlahnya dengan atlet peraih medali di ajang SEA Games Kamboja. Bahkan pemerintah akan segera memberikan bonus tersebut kepada para atlet peraih medali.

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

"Alhamdulillah beberapa waktu lalu saya sempat bertemu dengan Presiden Jokowi, pemerintah sudah akan menyiapkan bonu sama seperti atlet-atlet SEA Games jadi tidak dibedakan antara atlet ASEAN Para Games dengan atlet SEA Games. jadi semuanya sama dan insyaallah akan segera diberikan pada waktunya," ujar dia.

Sementara itu Sesmenpora Gunawan Suswantoro yang turut hadir dalam penyambutan kedatangan kontingen Indonesia juga ikut mengalungkan bunga kepada para atet yang tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali. Ia pun mengatakan pemerintahan sangat bangga atas keberhasilan ASEAN Para Games di Kamboja karena di luar dugaan Indonesia bisa mencatat hattrick sebagai juara umum.

"Ada cabor-cabor di luar duagaan yang hasil medalinya melampaui target, yakni pararenang, paraatletik, blindjudo, angat besi dan tenis meja. Saya bangga dengan adik-adik kita. Mudah-mudahan ini sebagai awal untuk nanti bulan September menuju Asian Para Games di Ghuangzou," ujar dia.

Sesmenpora

Photo :
  • 1487377

Sedangkn terkait bonus atlet yang bakal diterima para peraih medali ASEAN Para Games, Gunawan menyebutkan tidak ada perbedaan alias sama dengan jumlah bonus yang diterima para atlet peraih medali SEA Games 2022 Vietnam. Bahkan jumlah bonus yang diraih itu meningkat sekitar 5 persen dari jumlah bonus SEA Games sebelumnya.
 
"Tentunya ini juga akan disamakan naik 5 persen untuk ASEAN Para Games. Untuk emas itu bonusnya Rp525 juta. Pokoknya yang SEA Games Vietnam itu naik 5 persen semua," kata dia.

Chef de Mission Kontingen Indonesia ASEAN Para Games 2023 Andi Herman mengatakan dalam ajang ASEAN Para Games Kamboja para atlet Indonesia mengeluarkan kemampuannya secara maksimal sehingga bisa melampaui target-target yang telah dicanangkan. "Target semula 121 medali emas jadi 159 medali emas dan hattrick

Selain itu, ia mengungkapkan banyak atlet Indonesia yang berhasil mencatatkan sejarah dalam pesta olahraga tersebut seperti halnya pemecahan rekor. Ia menyebut pemecahan rekor itu sebanyak 15 rekor yang sukses dilakukan atlet Indonesia.

"Pemecahan rekor terjadi di empat dari powerlifting dan 11 dari pararenang. Ini menunjukkan bahwa pembinaan atet para games oleh NPC berjalan baik ya. Ini dibuktikan dengan raihan medali terbanyak dan peecahan rekor sehingga target-target yang dicanangkan sebelumnya terlampaui," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya