Ribuan Pelari dan UMKM Ramaikan Riau Bhayangkara Run 2023

Riau Bhayangkara Run 2023
Sumber :
  • Istimewa

PEKANBARU – Sebanyak dua ribu pelari bakal tampil di Riau Bhayangkara Run, pada Minggu 6 Agustus 2023 di Pekanbaru. Event olahraga ini diselenggarakan oleh Polda Riau untuk menyambut Hari Bhayangkara ke-77 pada 1 Juli 2023 lalu.

DJKI Ingatkan Pentingnya Peran Perempuan dalam Sistem KI Melalui Seminar Perempuan Indonesia

Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal mengatakan ajang ini merupakan upaya kepolisian untuk meningkatkan perekonomian di Bumi Lancang Kuning.

Diharapkan Riau Bhayangkara Run dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Kota Pekanbaru, melalui sektor wisata, penginapan, kuliner, dan lain sebagainya.

PNM Targetkan Penyaluran Pembiayaan Rp 72 Triliun Sepanjang 2024

"Insya Allah Riau Bhayangkara Run ini bukan sekadar mencari prestasi, tapi banyak dampaknya, yakni bergembira, sukacita dan dampak yang luar biasa adalah datangnya hampir 1000 peserta dari luar Riau. Dan ini kami yakini akan memberikan impact untuk ekonomi Riau," kata Mohammad Iqbal.

"Ajang ini juga merupakan tugas dan fungsi kami juga sehingga tidak hanya ke arah kamtibmas namun juga kami mengambil peranan bahwa Polda Riau mendukung pemerintah Provinsi, kabupaten Kota. sehingga geliat ekonomi terus berpacu," sambungnya.

Menko Airlangga Bertemu Menteri Perdagangan Inggris, Perkuat Kerjasama Ekonomi dan Perdagangan

Lebih lanjut, mantan Kapolda NTB itu mengatakan, nantinya di sepanjang perlintasan akan diramaikan dengan both UMKM dan bazaar, kemudian akan ada penampilan budaya untuk menunjukkan keindahan dan keberagaman di Riau.

"Ini menjadi inti bahwa kami menekankan kepada panitia untuk mendongkrak UMKM serta bazzar ini agar memiliki area, dan juga bahwa sepanjang rute perlombaan akan ada kearifan lokal seperti seni Kabupaten dan Kota di Riau," ucapnya.

"Jadi sebagai polisi, pemeliharaan kamtibmas jelas kami lakukan, tapi yang harus kita ketahui bahwa stabilitas keamanan akan dapat mudah terwujud jika ekonomi semakin baik, kesejahteraan semakin baik," jelas Iqbal.

Adapun terkait persiapan serta keamanan, Iqbal menegaskan bahwa pihaknya sudah sangat siap. Dia pun tak lupa meminta maaf kepada masyarakat Pekanbaru jika saat perlombaan nanti ada jalur yang ditutup agar lancarnya penyelenggaraan.

"Insya Allah kami dari segala aspek sudah siap, terutama basic daris segalanya yakni keamanan. Kami sudah lakukan tahapan tahapan itu dan sudah sosialiasi kepada masyarakat. Saya sebagai Kapolda mohon maaf barangkali nanti saat perlombaan, perjalanan agak terhambat," jelasnya.

Riau Bhayangkara Run akan mempertandingkan tiga kategori yaitu kategori 5 kilometer (K) sebanyak 1000 peserta, kemudian 10 K diikuti 800 peserta, dan kategori 21 K sebanyak 200 peserta.

Selain itu total hadiah dari even ini mencapai Rp195 juta. Polda Riau juga menyiapkan satu unit mobil yang akan diberikan secara cuma-cuma kepada peserta yang beruntung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya