UCI MTB World Championship 2023: Juara Dunia Bakal Lahir di Palangka Raya

UCI MTB Palangkaraya 2023
Sumber :
  • istimewa

VIVA – UCI Mountain Bike (MTB) World Championship 2023 akan dimulai pada Minggu 12 November 2023.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) dipercaya untuk menjadi tuan rumah pada kejuaraan dunia sepada MTB tersebut.

UCI MTB World Championship 2023 berlangsung di area depan Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Ketua Harian ISSI Kalteng, Rahmat Nasution Hamka mengungkapkan persiapan UCI MTB World Championship 2023 sudah mencapai 100 persen.

Ia juga mengatakan bahwa ajang Kejuaraan Dunia Sepeda MTB tahun ini akan lebih meriah ketimbang sebelumnya.

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

"Yang pertama ini sesuatu yang sebenarnya sudah pernah kita lakukan pada 2022, yaitu saat UCI MTB World Cup, dan kita berhasil sukses melaksanakan itu sehingga kita diberi kepercayaan lagi untuk menggelar World Championship," ujar Rahmat Nasution Hamka kepada awak media, Jumat (10/11/2023).

"Untuk persiapan sebenarnya kita sudah ada pengalaman di tahun sebelumnya sehingga ini hanya tinggal pemantapan, dan kemudian untuk venuenya besok sudah bisa dipakai untuk latihan resmi," ungkapnya.

Rahmat menambahkan ajang ini tentu akan berjalan dengan sangat kompetitif karena akan langsung ada juara dunianya.

"Untuk tahun lalu kan kita itu seri, masuk seri kedelapan kan, jadi tidak ada juara dunia yang lahir dari sini karena menunggu seri-seri berikutnya," ucap Rahmat.

"Tapi untuk World Championship ini, hari Minggu nanti akan lahir juara dunia langsung, jadi ini sesuatu yang sangat spesial buat kita dan menurut informasi, kita jadi negara Asia pertama yang mengadakan World Championship," kataya.

UCI MTB World Championship 2023 akan diikuti 80 peserta yang terdiri dari 50 negara yang sudah mendaftar.

Rahmat juga berharap ajang ini bisa menjadi pengalaman untuk atlet nasional, bahkan menggapai prestasi.

"Kalau atlet nasional kita sudah seperti biasa, mereka datang sudah dua hari yang lalu, mereka sudah ada di sini dan kita juga menginginkan ada atlet lokal selain nasional, karena atlet lokal kita alhamdulillah kemarin lolos PON dan itu jadi kebanggaan kita, mudah2an bisa diikutsertakan sebagai peserta kehormatan, minimal mereka ada pengalaman kejuaraan dunia," ungkap Rahmat.

Selain itu, ajang ini juga akan dimeriahkan dengan beberapa hiburan dan pameran UMKM yang bakal hadir di UCI MTB World Championship 2023.

"Ada Expo, ada dangdut, jambore UMKM, 5000 UMKM akan kumpul, pameran, diadakan Dewan Adat Dayak sudah kerja sama dengan kita. Jadi sekaligus juga masyarakat bisa ada hiburan di sebelah area trek," ujar Rahmat.

Sebelumnya, Kota Palangka Raya sudah menyelenggarakan UCI MTB Eliminator World Cup 2022. Tahun lalu, pebalap sepeda Prancis Quentin Schrotzenberger menjadi pemenang dalam kategori 'Men Elite'.

Lalu kategori 'Women Elite' berhasil menjadi yang tercepat adalah atlet asal Jerman yakni Marion Fromberger.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya