Ratusan Siswa SLB Ikuti Festival Olahraga Disabilitas

Festival Olahraga Disabilitas di Kota Medan
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra

Sumut – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, menggelar Festival Olahraga Disabilitas di GOR Mini Dispora Sumut, di Jalan Williem Iskandar/Jalan Pancing, Kabupaten Deli Serdang.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Dispora) Sumut Baharuddin Siagian, mengatakan event ini diharapkan dapat melahirkan bibit baru olahragawan disabilitas di Sumut.

Festival ini diikuti sekitar 300 siswa berkebutuhan khusus dari Sekolah Luar Biasa (SLB) di Sumut, yang berlangsung, Kamis 30 November 2023. “Festival ini digelar bagi anak-anak penyandang disabilitas untuk mencari bibit baru olahragawan disabilitas,” ucap Baharuddin, dalam keterangannya, Sabtu 2 Desember 2023.

Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

Baharuddin mengungkapkan bahwa kegiatan ini, merupakan salah satu program dari Kementrian Pemuda dan Olahraga RI. Tujuannya untuk memberikan edukasi kepada anak-anak penyandang disabilitas pada bidang olahraga. 

Festival Olahraga Disabilitas di Kota Medan

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra
10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

“Kemudian bagaimana caranya agar penyandang disabilitas tetap bisa berolahraga dengan keterbatasan yang mereka miliki,” tutur Baharuddin.

Baharuddin mengatakan prestasi atlet disabilitas Sumut hingga hari ini sangat luar biasa, sehingga mampu menempatkan Sumut sebagai 3 besar nasional penyumbang medali di Asian Games Hangzhou. Untuk itu, festival ini sebagai ajang talent scouting untuk mencari bibit atlet Sumut di masa yang akan datang.

Festival Olahraga Disabilitas dibuka oleh Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI Komjen Pol ( Purn) Rudy Sufahriadi. Dalam sambutannya Rudy mengapresiasi prestasi Sumut di tingkat nasional dan internasional.

"Hadirnya kegiatan ini sebagai penyemangat lahirnya atlet-atlet disabilitas baru serta meningkatkan kesehatan para siswa," sebutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya