PB Akuatik Indonesia Tetap Lakukan Pengawasan Terhadap Perenang

Selebrasi perenang Masniari Wolf.
Sumber :
  • NOC Indonesia/MP Media/Iqbal Fauzi

Jakarta – Pengurus Besar (PB) Akuatik Indonesia akan tetap mengawasi latihan mandiri para atlet renang dalam menghadapi kejuaraan internasional, walau mereka tidak menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas).

Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan, Sama-sama Bidik Sejarah Lolos Olimpiade

"Para atlet tetap diawasi karena mereka harus ikut periodisasi yang diatur oleh pelatih pelatnas. Ada target-target dalam latihan yang harus dicapai," kata Wakil Ketua Umum PB Akuatik Indonesia Harlin Rahardjo.

Harlin mengatakan itu karena berkaitan dengan pembinaan perenang Indonesia dalam menghadapi kejuaraan internasional yang tidak melalui pelatnas.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Waketum PB Akuatik Indonesia, Harlin E. Rahardjo

Photo :
  • PRSI

PB Akuatik Indonesia saat ini tengah menyiapkan sejumlah perenang yang ikut kejuaraan internasional untuk melewati kualifikasi Olimpiade 2024. Para perenang itu seperti Joe Aditia, Maniari Wolf, Felix Vitor Iberle, Dwiki Rahardjo, I Gede Siman Sudartawa, dan Farrel Armandio Tangkas.

Pertama dalam 36 Tahun Korsel Gagal Lolos Olimpiade, Rekor Dihancurkan Timnas Indonesia U-23!

Mereka semuanya melakukan persiapan secara mandiri di daerah masing-masing. Dikatakan Harlin, semua ini telah disepakati oleh para atlet karena ada di antara mereka yang sedang sekolah, punya keluarga, dan lainnya.

Situasi tersebut menjadi hambatan tersendiri jika para atlet dikumpulkan di Jakarta untuk menjalani pelatnas. Harlin menagtakan, meski latihan mandiri, tapi ada target yang harus dicapai para perenang.

"Jadi kapan atlet mencapai puncak penampilan, itu yang harus diikuti atlet dan pelatihnya di mana pun mereka latihan," tutur Harlin.

I Gede Siman Sudartawa

Photo :
  • Dokumentasi Ajinomoto

Ada tahapan, periode, dan program yang harus dilewati pada perenang dalam menjalani latihan secara mandiri. Pengawasa tetap dilakukan oleh PB Akuatik Indonesia, dan sejauh ini semuanya berjalan dengan lancar.

"Intinya enggak ada isu yang lain-lain meskipun latihan secara terpisah," ujar Harlin.

Ditambahkan oleh Harlin, dalam menghadapi kualifikasi Olimpiade 2024 Paris, para perenang yang dikirim untuk mengikuti kompetisi diharapkan mampu untuk mencapai Limit B. Tapi Harlin mengakui juga itu tidak mudah untuk dicapai. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya