Etape 2 Tour de Singkarak

Pembalap Iran Mulai Mendominasi

Tour De Singkarak
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Dua pembalap sepeda Iran dari Azad University merajai etape 2 Tour de Singkarak sepanjang 105 kilometer, Selasa 7 Juni 2011. Memulai start dari Padang, Amir Zargari dan Emami Rahim menjadi orang pertama yang menyentuh garis finish di Pantai Gondoria, Pariaman.
 
Zargari berhasil menjadi pembalap tercepat dengan catatan waktu 2:20:03 detik. Ia unggul sepersekian detik atas rekan setimnya Emami Rahim yang berada di posisi 2. Posisi 3 ditempati pembalap sepeda asal tim Plan B Australia dengan selisih waktu cukup jauh, 1 menit 10 detik dari pimpinan lomba.

Di etape 2 ini, sejumlah pembalap nasional mulai berguguran. Hanya Herwin Jaya dari Polygon Sweet Nice yang mampu finish di posisi 4 dengan catatan waktu 2:21:18, selisih 1 menit 15 detik dari dua pembalap terdepan.
 
Hasil buruk dibukukan pemegang jaket kuning Ferinanto dari United Bike Kencana, Malang. Memulai etape 2 sebagai pemimpin lomba, kecelakaan membuat Ferinanto tidak berhasil masuk finish di urutan 10 besar pembalap.
 
Feri terjatuh di kilometer 55, sekitar 4 kilometer menjelang intermediate sprint di Sikoci Restoran. “Hanya cidera siku,” ujar Ferinanto di areal finish Pantai Gondoriah, Pariaman. Meskipun tidak mengalami cedera berarti, kecelakaan ini membuat Ferinanto terlempar dari 3 besar klasemen sementara di ajang TdS.

Terkait keberhasilannya, Amir Zargari mengaku kondisi cuaca hari ini cukup membantu hasil yang dicapainya. “Di stage pertama cuaca cukup panas,” ujar Amri Zargari usai lomba. Atas keberhasilannya tersebut, Amir Zargari berhak mengenakan jaket kuning (yellow jersey) pada etape 3, Pariaman menuju Bukittinggi dengan catatan waktu keseluruhan 3:48;16.
 
Sedangkan Herwin Jaya yang berhasil menyodok ke posisi 4 di etape 2 ini berhak mengenakan jaket hijau (green jersey) karena berhasil menjadi sprinter terbaik dengan poin 5 dari dua etape. Herwin menggeser pembalap pembalap Azad University, Alireza Haghi yang memulai lomba pada etape 2 dengan mengenakan green jersey. Sedangkan raja tanjakan sampai etape 2 masih dipegang pembalap sepeda dari Terenggano, Malaysia, Jang Chan Jae.
 
Klasemen umum sementara TdS hingga etape ini, dua pembalap Iran bercokol di posisi teratas yakni Amir Zargari dan Emami Rahim. Amir unggul dua detik dari rekan senegaranya Emami Rahim. Di tempat ketiga ditempati pembalap sepeda Calder Logan (Plan B Australia) dengan selisih waktu 1 menit 16 detik.
 
Pemuncak klasemen umum sementara untuk klasifikasi tim ditempati Azad, Iran, dengan catatan waktu 11:26:57. Berturut-turut di posisi 2 dan 3 yakni Global Cyclin Team 11:29:27 dan Plan B Racing Team, 11:29:46. (eh)

Laporan: Eri Naldi/Padang

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan [dok. Kemenko Marves]

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua sekaligus anggota Dewan Sumber Daya Air Nasional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024