Dinas Kesehatan: Tak Ada Keracunan di Sultan

Timnas Filipina pemanasan di depan Hotel Sultan
Sumber :
  • VIVAnews/Aries Setiawan

VIVAnews - Hotel Sultan membeberkan hasil investigasi tentang isu atlet keracunan di hotel mereka. Dari hasil pemeriksaan laboratorium, semua makanan dinyatakan bersih oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Seperti diberitakan Utusan Malaysia beberapa waktu lalu, pemain Timnas sepakbola Malaysia, Izzaq Faris Ramlan, mengalami diare sebelum bertanding melawan Singapura, Senin, 7 November 2011. Pelatih Malaysia, Ong Kim Swee menduga penyakit ini disebabkan Ramlan telah mengkonsumsi makanan yang tercemar. Namun, Kim Swee belum bisa memastikan sumbernya, karena para pemain lainnya juga mengambil makanan di tempat yang sama dengan Ramlan.

Kasus yang sama juga dialami oleh tiga pemain Singapura. Mereka adalah Khairul Nizam, Firdaus Kasman, dan Shahdan Sulaiman. Setelah bertanding lawan Malaysia, Shahdan mengaku muntah-muntah dan diare sepanjang malam.

Atas kejadian itu, pihak Hotel Sultan pun kemudian berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk menyelidiki kabar tersebut.

"Saya dengar ada atlet yang sakit dari kontingen Malaysia dan Singapura. Kami dari panitia menyiapkan tim medis. Ada dokter dan perawatnya. Tim medis 24 jam di sini. Tim medis disiapkan untuk melayani para atlet. Sampai dengan kemarin tidak ada atlet yang datang berobat. Sehingga kami tidak punya data bahwa ada atlet yang sakit," kata Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Tony Wibowo Harianto.

"Pemain yang sakit ini ditangani sendiri oleh tim medis mereka dan sampai sekarang kami juga tidak terima report dari mereka tentang pemain sakit dikarenakan makanan."

Meski demikian, Tony tetap melakukan investigasi lebih lanjut demi memastikan makanan di Hotel Sultan benar-benar bersih. "Kami cek ulang semua dapur, semua makanan. Karena untuk keracunan sumbernya banyak, bisa dari makanan, pengelola, penyajian, dan bisa juga dari yang makan. Kalau memang makanan itu beracun, pasti semuanya kena."

"Sampel makanan kemarin kami kirim, kita periksa ke laboratorium untuk mengantisipasi kebenaran berita. Kami kasih 10 sampel makanan yang mereka makan. Hasilnya semua negatif," tuntas Tony.

Sementara itu, pihak Hotel Sultan mengaku bahagia dengan hasil penyelidikan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta. "Dengan ini, dengan adanya investigasi dari Dinas Kesehatan, kami membantah adanya dugaan keracunan makanan pemain asing di Hotel Sultan," tutur Asisten Direktur Marketing Hotel Sultan, Ribkha Anastasia.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground
Pesta kemenangan Indonesia U-23 di Brebes

Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23

Euforia kemenangan Indonesia U-23 atas Korea Selatan U-23 pada perempat final Piala Asia U-23 pada Jumat dini hari WIB 26 April 2024 sangat terasa di Brebes, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024