Kontingen SEA Games 2013 Tetap Optimistis Meski Minim Dana

Seleksi Gulat SEA Games Myanmar
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
GGI 2015: Ajang Pertarungan Pegolf Muda
- Ketua Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2013, Aslizar Tanjung, tak mau pesimistis dengan minimnya kucuran dana dari pemerintah untuk keberangkatan kontingen Merah Putih ke Myanmar.

Perlu Terobosan Baru untuk Angkat Prestasi Indonesia

Pemerintah yang menitipkan dana ke Komite Olimpiade Indonesia (KOI) hanya memberikan Rp 49 miliar untuk keberangkatan Kontingen Indonesia ke SEA Games 2013. Meski demikian, Aslizar bertekad kontingen Indonesia tetap bisa memberikan yang terbaik.
Atlet Indonesia Torehkan Rekor di APG 2015


"Dana 49 miliar rupiah dari pemerintah untuk keberangkatan kontingen yang berjumlah 908 orang. Dipotong sembilan miliar untuk tunggakan honor atlet selama dua bulan, Oktober dan November," ungkap Aslizar kepada wartawan dalam acara pengukuhan kontingen Indonesia ke SEA Games 2013 di FX Mall, Senin 2 Desember 2013.


"Sisanya untuk tiket, akomodasi, uang saku, konsumsi kesehatan obat-obatan, vitamin, dan perlengkapan perorangan. Kita juga dapat bantuan pengadaan perlengkapan individu. Cukup tidak cukup ya dicukup-cukupkan," paparnya.


Kontingen Indonesia total berjumlah 908 orang, rinciannya 621 atlet, 221 ofisial, 66 head quaters dan unsur pendukung. Dalam acara pengukuhan kontingen Indonesia itu, hadir 330 atlet 26 cabang olahraga dari total 33 cabang olahraga yang diikuti kontingen Indonesia.


Aslizar juga membeberkan bahwa perlengkapan bertanding para atlet untuk SEA Games sudah ada. Namun, dia akan melakukan pengecekan kembali apakah perlengkapan tersebut sudah sesuai stand technical handbook.


"Alat-alat sebagian besar sudah ada di masing-masing cabang. Ada perlengkapan yang sifatnya baru untuk tanding. Untuk perlengkapan rowing dan sepeda masih dalam perjalanan, tapi nanti saya cek kembali," jelasnya.


SEA Games 2013 bakal akan digelar pada 11-22 Desember 2013. Indonesia sendiri menjadi juara umum SEA Games 2011 ketika menjadi tuan rumah.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya