Lomba Renang Pesisir Pantai di Pulau Bacan Patahkan Rekor MURI

Ye Shiwen, peraih medali emas
Sumber :
VIVAnews
Kejutan Indonesia U-23 Bikin Uzbekistan U-23 Ogah Kecolongan
- Perlombaan renang massal di antara pesisir pantai Habibi dan Mongga, Pulau Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan diikuti oleh 1700 peserta. Jumlah tersebut memecahkan rekor MURI sebelumnya, di tempat sama, dengan 1300 peserta.

PKS soal Pertemuan dengan Prabowo: Sudah Dialog Tinggal Diatur Jadwal

Perlombaan renang pesisir pantai tersebut digagas Deputi Pengembangan Penghargaan dan Promosi Kemenpora, dan dilepas langsung oleh Menpora Roy Suryo, Minggu 8 Juni 2014. Ini merupakan bagian dari event Lintas Khatulistiwa Pemuda dan Festival Pemuda Olahraga Bahari (Fespob).
Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global


Sebagai bagian dari Lintas Khatulistiwa , Roy Suryo mengatakan penyelenggaraan event ini menunjukkan semangat olahraga dan kepemudaan di Halmahera Selatan, khususnya di Pulau Bacan. "Program Lintas Khatulistiwa ini diharapkan dapat menjadi alat pemersatu bangsa," tutur pakar telematika tersebut.


Para peserta, yang hampir seluruhnya adalah pria, berenang di antara pesisir pantai Habibi dan Mongga, yang berjarak 1km lebih. Mereka merupakan penduduk Pulau Bacan, dan sebagian lagi dari pulau-pulau lain di Halmahera Selatan. Tak ketinggalan, organisasi kepemudaan yang ada di daerah setempat.


Adapun juara pertama adalah Frada Saleh Harahap yang merupakan peserta Ekspedisi NKRI, mendapat hadiah uang senilai Rp7,5 juta. Posisi kedua ditempati Falenpalka yang berasal dari Obi, dengan hadiah senilai Rp6 juta. Dan, posisi ketiga ditempati Ismet Nurlette dari Ambon.


Selain itu, ada juga 30 juara harapan yang mendapat sejumlah uang senilai ratusan ribu rupiah. Tak hanya itu, ada pula berbagai macam doorprize yang dibagikan kepada para peserta dengan cara diundi.


Perlombaan renang pesisir pantai ini merupakan yang kedua dalam event Lintas Pemuda Khatulistiwa. Sebelumnya, pada Mei 2014, perlombaan juga dihelat di Rajaampat, yang juga merupakan lokasi pertama didirikannya Tugu Khatulistiwa dalam event tersebut.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya