Menpora Pastikan Cenderawasih Maskot Asian Games 2018

Cenderawasih merah
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3
- Batalnya duel Persipura Jayapura melawan Pahang FA, Selasa 26 Mei lalu, telah membuat warga Papua resah. Mereka menuntut penjelasan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, terkait insiden itu.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Anggota DPRD Papua yang juga mantan pemain Persipura, Jack Komboy, mengatakan bahwa situasi Papua saat ini tengah memanas. Kondisi ini dipicu langkah Menpora Imam Nahrawi, membekukan PSSI yang berdampak batalnya pertandingan Persipura melawan Pahang FC (Malaysia) dalam laga AFC Cup.
Indra Sjafri Disuruh Iwan Bule Jujur Soal PSSI, Jawabannya Mengejutkan


Lihat beritanya pada
ini.


Sejumlah suporter Persipura juga kembali mendatangi kantor Kemenpora, hari ini. Mereka meminta penjelasan langsung dari Menpora.


Namun, Imam justru tidak ada di tempat. Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu saat ini tengah berada di Bantul, Jawa Tengah, dalam rangka meresmikan pameran SMK se-Indonesia. Acara ini digelar di Jogja Expo Center (JEC).


Di sela-sela kunjungan tersebut, Imam menyinggung sedikit mengenai Papua. Namun, bukan terkait tuntutan suporter Persipura yang meminta penjelasan soal batalnya laga melawan Pahang FA.


Kepada wartawan, Imam justru bercerita mengenai keinginan pemerintah menjadikan burung Cenderawasih asal Papua sebagai maskot Asian Games yang akan diadakan di Indonesia 2018 mendatang. "Rencana tanggal 1 Juni 2015 mendatang akan di-
declare
maskot Asian Games,"ungkap Imam.


Menurut Imam, Cenderawasih cocok menjadi maskot Asian Games karena burung itu sangat bagus. Sekan-akan mengobarkan semangat nasionalisme, patriotisme dan ke-Indonesian Indonesia.


Pada kesempatan yang sama, Imam juga baru mempersiapkan suvenir yang nanti akan dibagikan kepada para tamu undangan. "Persiapan Asian Games baru tahap itu," katanya.


Imam juga menjelaskan pihaknya juga sudah melakukan rapat di Teheran dan menyampaikan kepada Olympic Council of Asia (OCA) bahwa secara teknis dan nonteknis Indonesia siap menggelar ASIAN Games karena Keppres telah keluar.


"Saat ini tinggal kita petakan venue mana saja yang nantinya akan digunakan Asian Games. Apakah di Jakarta, Palembang, Jawa Barat atau Banten dan bulan September mendatang harus selesai," kata Imam. (one)




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya