Kemenpora Gelontorkan Rp145 M untuk PON Jawa Barat

Atlet panahan di PON 2012 Riau
Sumber :
  • FOTO ANTARA/Nyoman Budhiana
VIVA.co.id - Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016, Jawa Barat, semakin dekat. Kementerian Pemuda dan Olahraga pun telah menyiapkan anggaran yang bakal disalurkan ke PB PON agar bisa menyelenggarakan turnamen multievent bergengsi skala nasional tersebut.

Diketahui, Kemenpora menganggarkan sekitar Rp145 miliar untuk menyelenggarakan PON. Rinciannya, Rp100 miliar menjadi anggaran murni penyelenggaraan PON.

Kemudian, Rp35 miliar untuk penyelenggaraan Peparnas (PON untuk orang-orang difabel). Sisanya dialokasikan dalam hal penyediaan peralatan.

"Soal peralatan nanti dilelang. Sebenarnya, anggaran yang diajukan untuk penyelenggaraan PON itu sebesar Rp600 miliar. Namun, hanya disetujui Rp145 miliar," terang Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, di kantornya, Selasa, 29 Desember 2015.

Di kesempatan yang sama, Gatot menyatakan pihaknya tengah merancang peraturan terkait penyelenggaraan PON. Salah satunya menyangkut masalah pendanaan.

Nantinya, setiap daerah yang ingin jadi tuan rumah PON, diwajibkan memiliki dana simpanan. Dana tersebut tak disetor ke Kemenpora.

"Seperti tabungan lah. Jadi, jika ada masalah, tak usah minta bantuan ke pusat lagi. Sekarang kan banyak daerah yang berlomba-lomba ingin jadi tuan rumah," ujar Gatot. (ase)
Garut Siap Kirim Ribuan Akik untuk Cenderamata PON Jabar
Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto.

Soal Jadi Pembalap Cadangan Manor, Kemenpora: Terserah Rio

Gatot sudah menjelaskan untung ruginya kepada pihak Rio.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016