Jason Christie Kuasai Rute Kota di Tour de Ijen Etape 3

Pembalap Jason Christie berselebrasi setelah mencapai finis pertama di ITd
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Etape ketiga International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2016 di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada Jumat, 13 Mei 2016, seakan milik pembalap sepeda asal Selandia Baru, Jason Christie. Dia melaju sendirian sampai pertama di garis finis, meninggalkan rombongan.

Manuver Lap Terakhir, Pembalap Jepang Juara Etape III Tour de Ijen

Start dari Grand Watudodol, Muncar, Jason (Kenya Riders Downunder) menuntaskan rute balapan hingga finis dengan catatan waktu dua jam 55 menit 57 detik. Dia meninggalkan dua pembalap tercepat finis di belakangnya, Guangdong MA (Wisdom Hengxiang Cycling) dan Imam Arifin (KFC Cycling), dengan selisih waktu 33 detik.

Rute etape ketiga menjadi keuntungan sendiri bagi Jason. Rute ini menyuguhkan lintasan kota yang sama sekali tidak ada titik KOM atau tanjakannya. Sementara dua titik sprint berada di kilometer 25,9 dan 81,1 kilometer menjelang finis.

Pembalap Asing Rontok di Etape 'Seram' Tour de Ijen 2019

Dengan rute seperti itu, Jason yang lebih dikenal sebagai jagoan sprint dengan mudah meninggalkan rombongan besar dan berhasil melindaskan roda sepedanya pertama kali di garis finis. Ia juara untuk individual classification etape tiga.

Jason mengaku sejak awal dia berusaha melepaskan diri dari rombongan besar tapi kesulitan. Ia baru mampu memimpin dan meninggalkan rombongan menjelang finis. "20 menit menjelang finis saya meninggalkan rombongan dan berhasil finis pertama," katanya kepada wartawan.

Jalur 'Seram', Etape II Tour de Ijen 2019 Susuri Alas Purwo 

Kendati begitu, Jason belum mampu mengungguli pembalap asal Spanyol, Benjamin Prades, untuk kategori individual general classification. Di etape ketiga, riders dari Ukyo Team, Jepang, itu mampu mempertahankan kostum Yellow Jerseynya yang sebelumnya ia raih di etape kedua. Prades berhasil mengumpulkan catatan waktu 10 jam 39 menit 15 detik.

Untuk diketahui, International Tour de Banyuwangi Ijen merupakan yang kelima, sejak pertama kali digelar pada 2012 silam. Pada 2015 lalu, balapan level UCI Asia Tour 2.2 ini mendapatkan penilaian "excellent level".

Internasional Banyuwangi Tour de Ijen (IBTdI) 2019

Lebas Jadi Raja Tanjakan, Robbie Hucker Jawara Baru Tour de Ijen 2019

Etape terakhir Tour de Ijen digelar hari ini, Sabtu 28 September 2019.

img_title
VIVA.co.id
28 September 2019