Jalur 'Seram', Etape II Tour de Ijen 2019 Susuri Alas Purwo 

Tour De Banyuwangi Ijen 2019.
Sumber :
  • VIVAnews / Rahmad Noto

VIVA – Persaingan lebih sengit akan tersaji di etape II Tour De Banyuwangi Ijen 2019. Ratusan pembalap akan menempuh rute baru dimulai dari Taman Nasional Alas Purwo, Kamis 26 September 2019.

Lebas Jadi Raja Tanjakan, Robbie Hucker Jawara Baru Tour de Ijen 2019

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan, TdBI adalah salah satu sport tourism yang rutin digarap Banyuwangi sejak tahun 2012. Khusus etape II, merupakan jalur baru. Para pembalap tidak hanya berolahraga sepeda, namun mereka juga diajak menyusuri keindahan alam Banyuwangi.

“Khusus pada tahun ini, kami sengaja membuat rute yang melintasi lokasi geopark Banyuwangi. Seperti pada Etape II hari ini, mereka akan menyusuri Alas Purwo, " ujar Bupati Anas. 

Manuver Lap Terakhir, Pembalap Jepang Juara Etape III Tour de Ijen

Banyuwangi sendiri, ada tiga situs yang diajukan sebagai geopark nasional, yaitu Blue Fire di Gunung Ijen, Pulau Merah, dan Taman Nasional (TN) Alas Purwo. Selama ini, Alas Purwo dikenal hutan tertua di Jawa yang menyimpan banyak misteri. 

Di TN Alas Purwo, para pembalap akan mengambil start di Pantai Pancur di dalam bentang alam Alas Purwo dengan total menempuh jarak 148,3 Kilometer yang menjadi etape paling panjang. 

Pembalap Asing Rontok di Etape 'Seram' Tour de Ijen 2019

Taman nasional yang luasnya 44.037 hektare ini memiliki banyak keindahan yang bisa dinikmati. Terdiri atas 700 flora, 50 jenis mamalia, 320 burung, 15 jenis amfibi, dan 48 jenis reptil.

“Kami ingin pebalap merasakan sensasi kesegaran Hutan Alas Purwo yang hijau dan berlimpah oksigen. Tentu, akan memberikan pengalaman istimewa pagi para pembalap,” kata Bupati Anas.

Anas mengaku tengah menjadikan Alas Purwo sebagai pusat sport tourism di Banyuwangi. Berbagai event olahraga digelar di sana. Mulai dari Savana Duathlon hingga Alas Purwo Geopark Green Run pada 17 November 2019 mendatang.

“Bahkan, PLN telah merilis kendaraan listriknya di Alas Purwo juga sebagai bentuk dukungan event sporttourism yang ramah lingkungan,” kata Anas.

Sebelumnya, di etape pertama pembalap asal Mongolia, Maral-Erdene Batmunkh dari Terengganu Inc TSG Cycling Team (Malaysia) berhasil menyentuh garis finis pertama di depan Kantor Pemkab Banyuwangi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya