18 Atlet Lolos Seleksi Polo Air untuk SEA Games 2017

Timnas Polo Air Indonesia
Sumber :

VIVA.co.id – Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) telah resmi mengumumkan 18 atlet polo air. Mereka nantinya akan mengikuti pelatnas polo air untuk tampil di SEA Games 2017. 

Seleknas Timnas Polo Air, PRSI Fokuskan Tim untuk Asian Games 2022

Sebelum lolos ke pelatnas, mereka menjalani seleksi nasional selama empat hari. Pengumuman hasil seleksia dilakukan pada Sabtu 14 Januari 2017, di Kolam Renang Simprug Pertamina, Jakarta, 

Pelatih asal Serbia, Milos Sakovic mengumumkan sendiri 18 atlet yang lolos tersebut didampingi Wakil Ketua Umum II PB PRSI Harlin Rahardjo, Waketum IV Anton Subowo, Kabid Binpres Wisnu Wardhana, Komisi Tekhnik Polo Air Boyke Mulyana, Dean Baldwin serta wakil Sekjen Robert Francis Gumulya dan beberapa pengurus lainnya. 

Timnas Polo Air Indonesia Bakal Bertolak ke Serbia

Seleknas kali ini diikuti 40 atlet dari berbagai Pengprov, selama empat hari di Kolam Pertamina Simprug Jakarta 11-14 Januari 2017. 18 atlet terpilih akan mengikuti pelatnas jangka panjang mulai awal Februari 2017 di Kolam Renang Simprug Jakarta.

Harlin memberi semangat kepada para atlet terpilih untuk tetap bersaing secara sehat selama pelatnas nanti. "Saya ucapkan selamat kepada para pemain yang terpilih. Tapi jangan bersenang-senang dulu, tetap fokus karena dari 18 atlet masih akan terseleksi sampai 13 pemain inti yang akan dikirim ke SEA Games 2017," ujar Harlin. 

Banyak Wajah Baru dalam Seleksi Timnas Polo Air Indonesia

"Pemilihan kali ini sangat istimewa, karena seleksi benar-benar netral berdasarkan pilihan pelatih, tanpa intervensi dari pengurus. Bagi yang belum terpilih, tetap berlatih karena masih ada Liga Polo Air selanjutnya dan masih ada promosi-degradasi di pelatnas," ungkap Boyke Mulyana selaku Ketua Komisi Teknik Polo Air. 

Milos menjelaskan peroses seleksi berdasarkan beberapa kriteria, yaitu tes berenang, teknik, taktik dalam bermain, pengetahuan serta stamina. 

"Untuk stamina mereka cukup bagus, saya akan tingkatkan tekhnik dan strategi permainan polo air," ujar Milos yang hari itu berulang tahun ke-35. Usai pengumuman, Milos pun dibuat tersipu-sipu karena mendapat ucapan dan nyanyian selamat ulang tahun dari para atlet. 

Dengan sisa waktu 6-7 bulan ke depan, Milos sudah menyiapkan beberapa program untuk meningkatkan tekhnik bermain, konsentrasi serta strategi.

"Saya juga sudah mengontak beberapa pelatih luar negeri seperti Iran, Arab Saudi dan lainnya, untuk bisa merencanakan agenda uji coba ," jelasnya. 

Rian Rinaldo dari Jambi mengaku senang terpilih dalam tim inti. Menurutnya pelatih asal Serbia menanamkan jiwa disiplin dalam latihan seperti tidak boleh mengobrol atau bercanda di kolam.

"Seleknas kali ini benar-benar ketat, saya sangat bangga terpilih dan akan bekerja keras merebut posisi tim inti," ujar atlet 26 tahun itu. 

Dengan mendatangkan pelatih asing asal Serbia, merupakan salah satu awal usaha serius PB PRSI yang berambisi meraih medali emas pertama di ajang SEA Games. 

Serbia sendiri merupakan juara dunia Polo Air dan peraih medali emas Olimpiade Rio 2016. 

Setelah seleknas polo air putra, pekan depan PB PRSI juga akan menggelar pelatnas polo air putri. 

Daftar 18 atlet Polo Air pelatnas SEA Games 2017: 

1.Yusuf Budiman (posisi 6)
2.Benny Respati Wibowo (6)
3.Aben Wisander (6)
4.Rezza Auditya (1-2)
5.Zaenal Arifin (1-2)
6.M.Hamid Firdaus (1-2)
7.Muhammad Fadhil (1-2)
8.Andi Muhammad Uwaizulqami (1-2)
9.Maulana Bayu Herfianto (3)
10.Silvester Golbert Manik (3)
11.Beby Tarigan (3-6)
12.Ridjkie Mulia (4-5)
13.Brandley Legawa (4-5)
14.Rian Rinaldo (4-5) 
15.Guntur A.Samudera (4-5)
16.Made Agung (4-5)
17.Novian Dwi Putra (GK)
18.Muhammad Zaki (GK)

Pelatih : Milos Sakovic (Serbia)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya