Event Duathlon Indonesia Sedot 1.200 Peserta

Konfrensi pers duathlon
Sumber :

VIVA.co.id – Akhir pekan ini, 18-19 Februari 2017, akan dilangsungkan olahraga terbaru yang kini sedang ramai, yakni duathlon. Event pertama di Indonesia ini akan diadakan di QBig BSD City.

10 Ribu Peserta Bersaing di Hydro Coco Ramadhan Virtual Duathlon 2022

Seperti diketahui, duathlon adalah olahraga ketahanan fisik yang terbagi dalam tiga fase dan menggabungkan lebih dari satu olahraga. Dalam olahraga ini, hanya menggabungkan lari dan sepeda.

Event ini bermula di Swiss pada tahun 1999 dan terus berkembang hingga saat ini. Event tahun lalu di Malaysia bahkan sampai diikuti oleh 2.800 peserta dari 39 negara. Atas dasar itulah akhirnya promotor melirik indonesia sebagai negara tetangga dari negeri tetangga.

Promosi Pariwisata, Ganjar Genjot Sepeda dari Malioboro ke Borobudur

"Kami melihat kesempatan yang terbuka di event ini karena banyak orang sudah mencapai puncaknya di olahraga lari dan banyak yang mencari sesuatu yang baru, salah satunya thriatlon. Maka itu kami berinisiatif untuk mengadakan event ini," ujar Managing Director E-Plus, Chandra Syahriar, dalam jumpa pers di kawasan Jakarta Selatan.

Antusias yang dibicarakan oleh promotor bukanlah omongan belaka. Tercatat, 1.200 peserta dari 15 negara ikut mendaftar pada ajang ini. Selain pengalaman, para peserta juga akan mendapatkan hadiah uang tunai yang totalnya Rp150 juta.

Borobudur Duathlon Unggulkan Jalur Sepeda 'Luna Maya'

"Kami sangat terkejut dengan jumlah peserta yang ikut pada event ini. Sebanyak 1.200 peserta ikut serta di event yang baru pertama kali diadakan di Indonesia," jelas Chandra.

Nantinya, kejuaraan di Indonesia ini akan mempertandingkan lima kategori, yakni Individual Classic, Team Relay Classic, Individual Short, Team Relay Short, dan Powerkids. Jarak yang ditempuh untuk masing-masing kategori pun berbeda-beda.

Pada Individual Classic dan Team Relay Classic, peserta akan menempuh jarak 10K-60K-10K. Sedangkan untuk Individual Short dan Team Relay Short peserta akan menempuh jarak 5K-30K-5K.

Untuk dewasa akan dibagi ke dalam lima kelompok umur, yaitu elite, 18-29 tahun, 30-39 tahun, 40-49 tahun, dan 50 tahun ke atas.

Peraturan berbeda ditetapkan untuk kategori Powerkids yang jarak tempuhnya dibagi berdasarkan usia peserta. Untuk usia 5-7 tahun akan menempuh jarak 0,4K-1K-0,4K, usia 8-10 tahun akan menempuh jarak 0,8K-2K-0,8K. Terakhir untuk usia 11-12 tahun akan menempuh jarak 1,2K-3K-1,2K.

Lomba yang berlangsung selama dua hari ini akan terlebih dulu dimulai dengan kategori Powerkids pada 18 Februari 2017 pukul 07.00 WIB. Sementara, kategori dewasa akan digelar pada keesokan harinya mulai pukul 05.30 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya