Pomnas XV 2017 Pertandingkan 14 Cabang Olahraga

Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti Didin Wahidin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Yasir

VIVA.co.id - Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) wilayah Sulawesi Selatan tengah mempersiapkan pagelaran Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XV. Pomnas rencananya akan digelar di Makassar, Sulawesi Selatan, 14 hingga 21 Oktober 2017 mendatang.

DKI Juara Umum Pomnas Cabang Renang

Bapomi Sulsel telah menyepakati 14 cabang olahraga wajib dan dua cabang olahraga eksebisi dalam ajang olahraga tingkat mahasiswa tersebut. Di antaranya, Basket, Bulu Tangkis, Futsal hingga Renang.

Ketua Umun Bapomi wilayah Sulsel, Abdul Rasyid Jalil mengatakan pegelaran Pomnas XV 2017 akan memperebutkan 611 medali. Sebanyak 175 medali emas, 175 medali perak dan 261 medali perunggu.

Atlet Nasional Masih Berjaya di Pomnas

"Cabang olahraga Atletik yang terbanyak. Kami siapkan masing-masing 36 medali, emas, perak, perunggu. Untuk futsal, masing-masing satu medali," kata Rasyid di Sekretariat Pomnas XV Sulsel, Kampus Universitas Hasanuddin Makassar, Kamis, 13 April 2017.

Ia menyebut, Pomnas tahun ini panitia penyelenggara memberikan kuota atlet masing-masing provinsi sebanyak 145 atlet putra dan 118 atlet putri serta 54 oficial. Jumlah tersebut untuk seluruh cabang olahraga dengan penetapan kuota yang telah ditentukan.

Diramal Bakal Menikah dengan Mayor Teddy, Begini Reaksi Mengejutkan Fuji

"Misalnya, setiap provinsi itu, dalam cabang olahraga Atletik kita patok 20 atlet untuk putra dan 20 juga untuk putri, oficial lima orang. Sementara untuk cabang olahraga Futsal masing-masing provinsi maksimal membawa 14 atletnya, putra semua kalau futsal, oficialnya tiga orang," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti Didin Wahidin mengatakan PomnasĀ  merupakan ajang dua tahunan yang merupakan salah satu program Direktorat Kemahasiswaan Kemenristekdikti. Kegiatan olahraga bagi kalangan mahasiswa itu bertujuan untuk memupuk dan meningkatkan persatuan; kebersamaan; persahabatan antar-mahasiswa se Indonesia.

"Kegiatan ini juga bisa meningkatkan dan mengembangkan minat olahraga mahasiswa, serta meningkatkan kesegaran jasmani, disiplin dan sportifitas mahasiswa," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya