Balapan Sirkuit Mandalika Ditunda, Gubernur NTB: Demi Keselamatan

Sirkuit Mandalika
Sumber :

VIVA – Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah menanggapi perihal penundaan race 1 dan 2 Asia Telent Cup (ATC) di Sirkuit Mandalika yang sejatinya berlangsung pada Minggu 14 November 2021.

Pj Gubernur NTB Maju di Pilkada, Mendaftar Lewat Nasdem

Dia mengatakan, penundaan ini karena Sirkuit Mandalika kekurangan jumlah marshal yang harus ditempatkan di sepanjang lintasan.

"Karena mungkin ini pertama jadi ada kekeliruan. Misalnya disuruh angkat bendera, tapi belum angkat. Ini menyangkut keselamatan," katanya, Minggu, 14 November 2021 di Sirkuit Mandalika.

Zulkieflimansyah Deklarasikan Kembali Berduet dengan Rohmi di Pilgub NTB 2024

Dorna terpaksa mengintruksikan pembatalan balapan di hari ini. Sebab, ketika kekurangan marshal, ada risiko ketika pembalap terjatuh, akan lama mendapat pertolongan. Jelas ini akan sangat berbahaya.

"Oleh karena itu mereka tidak mau mengambil risiko sedikit pun. Ditunda dulu mudah-mudahan setelah tanggal 21 atau setelah disiapkan marshal," katanya.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Zulkieflimansyah mengatakan, marshal yang akan disiapkan berasal dari NTB. Tujuannya juga untuk membantu masyarakat meningkatkan perekonomian.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah

Photo :
  • VIVA/Satria Zulfikar

Namun, untuk melatih marshal ternyata butuh waktu. Dan itu yang membuat Sirkuit Mandalika kekurangan tenaga untuk marshal.

"Kemarin itu kan memang kita harus serba susah, kita mau mengakomodir masyarakat sekitar, masak harus dibawa dari Jakarta. Ternyata melatihnya butuh waktu," ujarnya.

Soal rencana mendatangkan marshal dari luar NTB, Zulkieflimansyah mengatakan sengaja mempersiapkan marshall lokal untuk menghindari protes masyarakat.

"Nanti masyarakat protes, masak untuk angkat bendera aja harus dari Jakarta. Tapi ternyata enggak segampang yang dibayangkan," katanya.

Ditunda Akhir Pekan Depan

Race 1 dan 2 ATC masuk dalam jadwal di pekan depan. Sehingga total akan ada empat balapan ATC yang bersamaan dengan World Superbike (WSBK).

Melalui laman resminya, ATC sudah mengumumkan perihal ini. Mereka terpaksa mengambil keputusan ini karena mengutamakan keselamatan dan kelancaran balapan.

"Dorna Sports bersama Mandalika Grand Prix Ascociation dapat mengonfirmasi bahwa final musim ATC akan terdiri dari empat balapan dan berlangsung dari 19 hingga 21 November, bersama WSBK," demikian bunyi pertanyaannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya