Pembalap Astra Honda Rebut Podium di Asia Talent Cup

Reykat Yusuf Fadillah di podium Idemitsu Asian Talent Cup 2022
Sumber :
  • Dok. IATC

VIVA – Reykat Yusuf Fadillah, pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil merebut podium dalam ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) seri kedua, Sabtu sore WITA 19 Maret 2022. Tampil di Sirkuit Mandalika, dia finis pada urutan ketiga.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Capaian pembalap berusia 14 tahun itu membuat bangga Indonesia. Dia berhasil berada di barisan depan pada level internasiona. Tak mudah bagi Reykat untuk merebut tempat ketiga, karena persaingan begitu ketat.

Reykat mengatakan bahwa dirinya berusaha menikmati balapan dan tidak terlalu emosional ketika berada di atas lintasan dan bersaing dengan para pembalap lain.

MS Glow For Men Racing Team Tampil Memukau di Mandalika Racing Series 2024

"Saya berusaha konsisten tidak terlalu agresif, sehingga saya mampu merebut posisi ketiga. Target saya pada race kedua adalah menjadi juara. Mohon doa dan dukungannya," ujar Reykat.

Capaian Reykat ini meneruskan tren positif yang sudah ditorehkan para pebalap binaan AHM pada seri pertama di Qatar, beberapa waktu lalu. Saat itu, Veda Ega Pratama juga mempersembahkan podium ketiga pada race kedua. Sayang, Veda tidak tampil pada seri kedua setelah terjatuh pada sesi kualifikasi.

Adu Banyak Penonton MotoGP 2023, Indonesia di Urutan Berapa?

Performa cukup baik juga ditunjukkan Aan Riswanto, pembalap asal Bantaeng, Sulawesi Selatan. Memulai balap dari posisi kelima, Aan sempat berkali-kali turun posisi. Kendati demikian, Aan yang tahun ini menginjak usia 16 tahun tersebut tampil sangat gigih, melakukan overtake satu-persatu pebalap di depannya pada lap terakhir hingga finish di posisi ke-8.

”Saya start dari baris kedua, dan harus bertarung dengan banyak pebalap hingga akhir. Posisi finish yang tidak mengecewakan, dan saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk memperbaiki posisi di race kedua," ujar Aan.

Dua pembalap binaan Astra Honda lainnya, Muhammad Diandra Trihardika juga tampil menjanjikan. Dirinya mampu bertarung ketat pada dua putaran terakhir. Namun sayang, posisinya melorot dan hanya mampu finish ke-13. Sedangkan pebalap wildcard Zachry Akbar menunjukkan potensi dengan berjuang dan bertahan di posisi 12 pada akhir balapan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya