Singkirkan 2 Pembalap Ducati, Miguel Oliveira Juara MotoGP Thailand

MotoGP Thailand 2022
Sumber :
  • AP Photo/ Kittinun Rodsupan

VIVA Sport – MotoGP Thailand dilangsungkan di Sirkuit Internasional Buriram pada Minggu sore WIB 2 Oktober 2022. Keluar sebagai pemenang adalah pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira.

Klasemen MotoGP 2024: Jorge Martin Pertama, Vinales Masuk 3 Besar Usai Menang di Amerika

Menyusul di urutan kedua ada pembalap Ducati, Jack Miller. Sedangkan podium ketiga masih menjadi milik Ducati lewat Francesco Bagnaia.

Jalannya Balapan MotoGP Thailand

Maverick Vinales Rajai MotoGP Amerika 2024, Acosta Podium dan Marc Marquez Crash

Lomba digelar dalam kondisi trek yang basah. Situasi ini membuat persaingan antarpembalap menjadi tambah menarik.

Jarak antarpembalap di putaran pertama begitu dekat. Tak jarang di setiap tikungan ada pembalap yang harus keluar dari lintasan untuk menghindari senggolan.

Francesco Bagnaia Beber Masalah di Sprint Race MotoGP Amerika 2024

Pembalap Mooney VR46, Marco Bezzecchi bisa mempertahankan posisi pertama yang dikuasai sejak awal lomba sampai ke putaran ketiga. Di belakang dia ada dua pembalap Ducati, Francesco Bagnaia dan Jack Miller.

Miller berhasil merebut posisi pertama dari Bezzecchi ketika memasuki putaran keempat. Bezzecchi juga tak bisa aman karena Bagnaia menguntitnya di posisi ketiga.

Pada putaran keempat MotoGP Thailand, pembalap Mooney VR46 lainnya, Luca Marini terjatuh. Padahal dia sudah ada di persaingan barisan depan.

Bagnaia yang sedang asyik menguntit Bezzecchi harus kehilangan posisi. Sebab, pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira merebut posisi ketiga darinya.

Oliveira tak berhenti untuk memacu kendaraanya. Selang satu putaran, dia mengambil alih posisi kedua dari Bezzecchi. Dan sial bagi Bezzecchi, karena setelah itu dia harus turun ke urutan empat karena Bagnaia menyalip.

Kecepatan Bezzecchi terus menurun setelah itu. Karena posisi keempat miliknya juga diambil alih oleh andalan Repsol Honda, Marc Marquez.

Duel Sengit Miller dan Oliveira

Sejak berada di urutan kedua, Oliveira tak membiarkan Miller nyaman di barisan terdepan. Beberapa kali dia berupaya untuk menyalip, tapi Miller yang tenang bisa menghalangi.

Persaingan kedua pembalap ini yang membuat MotoGP Thailand 2022 di Sirkuit Internasional menjadi menarik. Akselerasi yang dilakukan ketika memasuki tikungan menambah keseruan.

Upaya Oliveira untuk mendapatkan posisi terdepan berhasil juga di akhir putaran ke-14. Pada tikungan terakhir Sirkuit Internasional Buriram, dia berhasil menyalip Miller.

Sejak mengambil alih posisi terdepan, pembalap asal Portugal itu bisa terus konsisten. Dia yang menjejak garis finis pertama dalam balapan ini.

Marquez Bikin Bagnaia Tak Nyaman, Zarco Gemilang

Persaingan dalam perebutan tempat ketiga balapan MotoGP Thailand 2022 juga tak kalah seru. Marquez membuat Bagnaia dalam posisi yang tidak nyaman.

Dia terus saja menguntit Bagnaia yang sedang dalam upaya mengamankan podium. Karena dengan begitu dia bersaing di klasemen pembalap dengan Quartararo.

Saat Marquez mencoba untuk membuat Bagnaia tersalip, di belakangnya datang Johann Zarco dari Pramac Ducati. Persaingan ketiga pembalap ini sangat seru.

Saat memasuki putaran ke-21, Zarco berhasil merebut posisi keempat dari Marquez. Dan gantian dia yang memburu Bagnaia untuk bisa merebut podium.

Meski sudah mencoba beberapa kali, tapi Zarco tak mampu menyalip Bagnaia. Dia harus puas ada di urutan keempat pada balapan kali ini.

Fabio Quartararo Melorot

Performa pembalap Monster Yamaha, Fabio Quartararo dalam balapan MotoGP Thailand 2022 tidaklah bagus. Memulai lomba dari urutan empat, dia terus saja melorot.

Bahkan sampai memasuki pertengahan balapan, dia ada di barisan terakhir. Quartararo seperti kesulitan mengendalikan motor untuk mendapat kecepatan maksimal.

Padahal pada balapan ini dia diharap bisa mendulang angka. Karena dengan begitu, posisi puncak klasemen pembalap bisa tetap dijaga keunggulan poinnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya