Francesco Bagnaia Juara MotoGP Malaysia, Gelar Juara Dunia di Depan Mata

Francesco Bagnaia MotoGP Jepang 2022
Sumber :
  • AP Photo/Shuji Kajiyama

VIVA Sport – Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia, berhasil mengklaim podium pertama di MotoGP Malaysia yang digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu 23 Oktober 2022. Kemenangan ini mendekatkan langkahnya menjadi juara dunia MotoGP musim ini.

Seperti Rossi, Marc Marquez Sadar Jika Pedro Acosta Berpeluang Juara Dunia

Tambahan 25 poin membuatnya memimpin klasemen sementara dengan 258 angka. Sementara, pesaing terdekatnya, Fabio Quartararo finis di posisi ketiga. Sedangkan, posisi kedua ditempati oleh Enea Bastianini.

Hasil ini membuat pemenang harus ditentukan di balapan terakhir di MotoGP Valencia yang akan digelar pada 6 November mendatang.

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

Jalannya balapan

Bagnaia memulai start dengan gemilang setelah merangsek ke posisi terdepan dari posisi 9. Dia menempel ketat Jorge Martin yang start dari pole position dan menempati posisi terdepan.

Video Marc Marquez Kecelakaan saat Pimpin Balapan hingga Gagal Finis di MotoGP Amerika 2024

Pembalap asal Italia itu berada di depan Enea Bastianini yang berada di posisi ketiga diikuti Marc Marquez dan Fabio Quartararo selaku pesaing utamanya.

Pertarungan terus terjadi di posisi terdepan. Lima pembalap saling susul-menyusul. Akhirnya, perubahan terjadi pada putaran kelima. Quartararo naik ke posisi empat untuk menggeser Marquez.

Drama terjadi di lap 7 di mana Jorge Martin yang sedang memimpin balapan malah terjatuh. Kondisi itu menguntungkan Bagnaia yang akhirnya menjadi pemimpin balapan.

Marquez yang berada di posisi keempat terpaksa turun dua peringkat setelah disalip Marco Bezzecchi dan Joan Mir. Dia menempati posisi keenam pada lap 10.

Posisi Bagnaia sebagai pimpinan balapan direbut Enea Bastianini di putaran keempat lap 11.

Posisi Marquez semakin turun setelah Alex Rins merebut tempatnya di lap 12. Pembalap Suzuki itu kemudian merangsek lagi ke posisi lima dan menggeser Joan Mir.

Keseruan balapan berlanjut di lap 14. Bagnaia kembali merebut posisi terdepan dari Bastianini. Di pinggir lintasan, tim Ducati mulai banyak melakukan diskusi.

Namun, di lintasan Bagnaia dan Bastianini masih terus saling kejar dalam mengamankan posisi terdepan. Mereka berduel hingga lap terakhir.

Pada akhirnya, Bagnaia berhasil mengunci podium pertama disusul oleh Bastianini dan Quartararo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya