SS7 Danau Toba Rally 2023 Dibatalkan, Panitia Beberkan Penyebab

Wagub Sumut, Musa Rajekshah di Kejurnas Danau Toba Rally 2023
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA Sport – Leg kedua Kejuaraan Nasional (Kejurnas) KFC Danau Toba Rally 2023 tak berjalan mulus, setelah pengawas perlombaan membatalkan balapan pada spesial stage (SS) 7 yang berlangsung di Hutan Tanaman Industri (HTI) sektor Aek Nauli, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumut, Minggu 25 Juni 2023.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

"SS7 - Negeri Dolok Reserve - Distance = 7.94 km - First Car due: 08.30. DIBATALKAN," demikian pernyataan pengawas perlombaan yang pada Minggu 25 Juni 2023 pukul 11.00 WIB.

Keputusan pengawas pertandingan membatalkan menggelar perlombaan pada SS7 itu ditandatangani Pimpinan Perlombaan, Elwin Siregar, Ketua, Jefrey JT, anggota, Fredrik T Moeladi dan John Ismadi Lubis.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

Pengawas pertandingan menyebutkan, alasan membatalkan perlombaan digelar pada SS7 karena kondisi lintasan yang tak memungkinkan dilintasi para pereli. SS7 sendiri juga trek SS1 dan SS4 yang terletak di Nagori Dolok, dengan panjang lintasan 7.94 km.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

"Hujan sangat lebat Sabtu malam mengakibatkan lintasan terlalu licin," sebut pernyataan tertulis yang menjadi penyebab batalnya SS7 digelar.

Dengan batalnya SS7 ini, menyisakan SS8 dan SS9, dengan total panjang lintasan 40.54 km. Masing-masing panjang trek tersebut, SS8 16.42 km dan SS9 24.12 km.

Sedangkan starting list leg kedua Danau Toba Rally 2023 ini, pereli tuan rumah yang juga Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) diambang juara start pembuka. Usai Ijeck start, diikuti pereli dari tim LFN Sederhana Motorsport Rahmat/Hade Mboi.

Start ketiga, pereli dari tim Dorisfa Motorsport, Atuy Faturrahma/M Fahrezi, disusul Dypo Fitra/Yudho Hadi dari tim Delta Garage Racing Team dan Rihans Variza/Anthony Sarwono lengkapi starting list 5 besar.

Sedangkan pereli asal Kalimantan Timur, Ryan Nirwan start dari posisi keenam. Disusul dari tim Jagonya Ayam, Ricardo Gelael/Hugo Ismael start posisi ketujuh dan diikuti pereli dari tim BART Bintang Barlean/Anondo Eko start ke-8.

Leg pertama menjadi milik Musa Rajekshah. Pria yang akrab disapa Ijeck itu sukses menyelesaikan 6 SS dengan panjang 99.90 km, overall 1 jam 24 menit 25 detik. Ijeck dengan navigator Hervian Soejono yang membawa bendera tim Bla Bla Bla Motorsport berpotensi besar naik ke podium juara satu Kejurnas KFC Danau Toba Rally 2023 Putaran Pertama ini.

Hal ini menilik dari selisih waktu 2 menit 33,6 detik dari Bintang Barlean di posisi kedua dengan overall 1 jam 26 menit 59,4 detik. Tempat ketiga, ditempati Rahmat yang menyelesaikan lomba 1:27:46,5 dan disusul Bimo Pradikto dengan total waktu 1:29:02,8 serta Atuy Faturrahman lengkapi posisi lima besar dengan overall 1:31:19,0.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya