Kejutan Final China Terbuka, Ranking 3 Dunia Keok di Tangan Duo Korea

Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara
Sumber :

VIVA – Kejutan terjadi di final ganda putri Fuzhou China Terbuka 2018, pemegang ranking 3 dunia, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara dipermalukan wakil duo Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan.

Gugur di China Open 2023, Perut Rehan Naufal Disebut Tidak Ideal sebagai Atlet

Dalam partai final yang digelar di lapangan utama Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, China, Minggu siang, 11 November 2018. Mayu/Wakana kalah dalam dua gim langsung.

Juara bertahan Prancis Terbuka 2018 itu tumbang dikalahkan Lee/Shin dengan poin dramatis yakni 21-23 di gim pertama dan 18-21 di gim kedua.

Daftar Juara China Open 2023

Di gim pertama terjadi pertempuran sengit sejak awal, meski hanya bermodal ranking 9 dunia, Lee/Shin meladeni permainan agresif wakil Jepang itu.

Hingga jeda gim pertama, raihan poin kedua pasangan tak pernah berjarak lebih dari satu poin dan terus saling salip. Hanya saja mendekati akhir gim Mayu/Wakana sempat unggul dengan jarak 4 poin yaitu 17-13. Tapi, akhirnya tersusul.

Raja Bulutangkis Dunia Ganas, Harapan Jojo ke Final China Open 2023 Pupus

Bahkan, Mayu/Wakana sempat meraih poin 20. Namun, satu poin penentu tak bisa didapatkan, malahan Lee/Shin berhasil menyamakan poin jadi 20-20 dan memaksa deuce. Mayu/Wakana sempat mendapatkan 1 poin, lagi-lagi Lee/Shin memaksa poin sama kuat 21-21 dan terjadi deuce kedua.

Dua kalah nyaris menang terlihat membuat Mayu/Wakana frutasi. Akhirnya Lee/Shin malah terlebih dahulu mendapatkan 2 poin kemenangan dengan poin akhir 21-23.

Lee So Hee/Shin Seung Chan.

FOTO:Lee So Hee/Shin Seung Chan.

Di gim kedua, permainan tak jauh berbeda, Mayu/Wakana juga kembali meraih poin pembuka gim tapi selanjutnya terjadi reli poin hingga puncaknya poin keduanya sama kuat di angka 12-12.

Di menit 32, Mayu/Wakana bermain buruk dan banyak membuang kesempatan serta membuat kesalahan antisipasi bola-bola hasil smes lawan, poin mereka tercecer dalam kedudukan 13-18.

Jelang akhir pertandingan, Mayu/Wakana sempat bangkit dari ketertinggalan poin. Mereka berhasil memangkas jarak poin dari 5 menjadi hanya 1 poin saja pada kedudukan 17-18.

Sayangnya, Mayu/Wakana hanya mampu menghasilakn satu poin tambahan saja, sedangkan Lee/Shin melejit dan menutup pertandingan pada menit ke 53 dengan poin akhir 18-21.

Dengan kemenangan ini, maka Lee/Shin akhirnya bisa merebut podium juara setelah 17 turnamen tak pernah bisa mencapai final. Prestasi terbaiknya hanya di Prancis Terbuka 2018, dia lolos ke semifinal walau akhirnya dikalahkan wakil Bulgaria, Stoeva bersaudara, Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva.

Baca: Akhirnya Yaqiong Juarai China Terbuka dan Jadi Manusia 1 Juta Dolar AS

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya