Kejadian Dramatis yang Bikin Peringkat 3 Dunia Gagal ke Final Tur BWF

Takeshi Kamura
Sumber :
  • BWF

VIVA – Saling depak antara pebulutangkis Jepang untuk lolos ke final Tur Federasi Bulutangkis Dunia atau BWF bukan cuma terjadi di kategori ganda putri. Tapi, juga terjadi di ganda putra.

Penghancur Praveen/Melati Juara German Open 2022, China Hancur Lebur

Korbannya ialah Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Pasangan yang berstatus pemegang posisi 3 ganda putra dunia ini harus mengubur impian berlaga di Tianhe Stadium, Guangzhou, China.

Sebab, di detik-detik akhir jelang pengumuman undian Tur BWF, ada sejumlah kejadian dramatis. Seperti adanya kenaikan peringkat yang dapatkan rekan senegaranya Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dan wakil Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Tragis, Penghancur Raja Bulutangkis Gagal Juara German Open 2022

Memang, BWF belum mengeluarkan daftar dan perolehan poin terbaru. Tapi, dari hitung-hitungan VIVA.co.id berdasarkan data dan fakta dua turnamen terbaru yang digelar BWF, yaitu Syed Modi 2018 dan Skotlandia Terbuka 2018, Takeshi/Keigo terdepak dari posisi 6 ke 8 Tur BWF, akibat koleksi poinnya disalip Kim/Anders yang melompat dari posisi 7 ke 5.

Setelah terdepak, peringkat Takeshi/Keigo malah juga disalip lagi oleh Hiroyuki/Yuta yang naik satu posisi dari 8 ke 7.

Tragis, Raja Bulutangkis Dunia Tersingkir dari German Open 2022

Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe

FOTO: Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe

Peringkat Kim/Anders melonjak karena poinnya bertambah dari 67.250 menjadi 68.920. Penambahan poin ini terjadi karena Kim/Anders mendapatkan poin sebesar 1.670 hasil berlaga di babak I atau 32 besar Syed Modi 2018.

Saat ini, Takeshi/Keigo memiliki poin sebanyak 67.600. Poin tak bisa lagi bertambah mengingat mereka terakhir kali berlaga hanyalah di Hong Kong Terbuka 2018.

Sementara itu, Hiroyuki/Yuta berhasil menambah poin dari 66.220 menjadi 67.890. Poin mereka bertambah setelah turun tanding di Syed  Modi 2018 dan mendapatkan poin sebanyak 1.670 dari hasil laga di babak I atau 32 besar.

Yang lebih menyedihkan, setelah terdepak dan bercokol di posisi 8 Tur BWF, Takeshi/Keigo gagal lolos ke final Tur BWF. Karena, jatah tiketnya dirampas wakil China, Li Junhui/Liu Yuchen.

Li/Liu yang berada di posisi 9 Tur BWF, mengambil jatah Takeshi/Keigo dengan menggunakan wild card atau jatah khusus bagi juara dunia. Diketahui, Li/Liu merupakan peraih medali emas di Kejuaraan Dunia 2018.

Berikut 8 ganda putra yang lolos ke final Tur BWF 2018:

1. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia).
2. Chen Hung Ling/Wang Chi-Lin (Taiwan).
3. Liao Min Chun/Su Ching Heng (Taiwan).
4. Han Chengkai/Zhou Haodong (China).
5. Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark).
6. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Indonesia).
7. Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (Jepang).
8. Li Junhui/Liu Yuchen (China) (wild card).

Baca: Ahsan/Hendra Jadi Korban Panasnya Perebutan Tiket Final Tur BWF

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya