7 Fakta Menarik Usai Gelaran Final Tur BWF 2018

Tungga putri India, PV Sindhu sukses juarai BWF World Tour Finals 2018
Sumber :
  • BWF

VIVA – Gelaran bulutangkis bergengsi Final Tur BWF 2018 telah usai dengan melahirkan 4 juara baru di pentas turnamen penutup tahun tersebut. Dalam partai puncak yang berlangsung Minggu 16 Desember 2018, pertarungan sengit terhampar di arena Tianhe Gymnasium, Guangzhou, China.

Jonatan Christie dan Anthony Ginting Catat Sejarah di All England 2024

Praktis, hanya ada kontestan dari 4 negara yang mampu meloloskan wakilnya ke babak final yakni China (4 wakil), Jepang (4 wakil), India (1 wakil) dan Korea Selatan (1 wakil). Meski demikian, atmosfer laga final tetap meriah yang tercermin dari respons para penonton yang hadir memadati Tianhe Gymnasium.

Shi Yuqi melakukan selebrasi usai kalahkan Momota.

Kalah di Semifinal French Open 2024, Titik Balik Chico Aura Usai Cedera

Di akhir pertarungan, tuan rumah China berhasil merebut 3 gelar melalui Shi Yuqi (tunggal putra), Li Li Junhui/Liu Yuchen (ganda putra) dan Wang Yilu/Huang Dongping (ganda campuran). Sedangkan sisanya diraih India dan Jepang, melalui Pusarla Venkata Sindhu (tunggal putri) dan Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (ganda putri).

Beberapa fakta menarik pun mencuat dari hasil akhir turnamen berhadiah total US$1.500.000 tersebut.

Rangkuman Malaysia Open 2024: Indonesia Mengenaskan, China Berkuasa

Berikut 7 fakta menarik usai rampungnya gelaran Final Tur BWF 2018:

1. Dari lima pemenang Final Tur BWF 2018, ada empat juara baru di ajang serupa yang bernama BWF Final Superseries. Hanya Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi yang pernah merasa gelar pada tahun 2014 silam, sementara yang lainnya merupakan pemilik baru gelar tersebut.

2. China mengulangi torehan apik dengan mengemas 3 gelar, atau menyamai pencapaian pada 2010 (digelar di Taiwan) dan 2012 (digelar di Shenzhen) lalu.
3. Adapun rekor prestasi paling mentereng skuat Negeri Tirai Bambu dikemas pada 2011 silam dengan mengantongi 4 gelar saat turnamen itu berlangsung di Liuzhou, China.

4. Keberhasilan bintang China, Shi Yuqi merebut gelar tunggal putra Final Tur BWF 2018 menjadi catatan tersendiri bagi pemain 22 tahun itu, di mana ini merupakan kemenangan perdana dari empat pertemuannya kontra Kento Momota yang merupakan juara dunia 2018.

5. Pusarla Venkata Sindhu 

Sindhu mempersembahkan gelar level Final Tur BWF pertama bagi India, sejak turnamen ini mulai dipertandingkan pada 2008 silam. Catatan ini juga merupakan gelar bergengsi satu-satunya Sindhu sepanjang 2018, di mana ia harus puas jadi runner up pada Asian Games dan Kejuaraan Dunia.

6. Bagi duet Menara Tirai Bambu, Li Li Junhui/Liu Yuchen ini merupakan tahta lanjutan dari keberhasilan sepanjang 2018 setelah menjadi juara dunia dan juara Asia.

7. Juara di sektor ganda campuran, Wang Yilu/Huang Dongping menjadikan gelar Final Tur BWF 2018 ini sebagai tahta bergengsi kedua sepanjang kiprah mereka di tahun 2018, selain gelar Kejuaraan Asia di Wuhan Sports Center saat mengalahkan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di partai final. (min)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya