Kemenpora Dukung PBSI Sumedang x Eagle Cup 2023, Bina Calon Atlet Bulutangkis

Sumedang x Eagle Cup 2023
Sumber :
  • Istimewa

Sumedang – Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) mendukung turnamen PBSI Sumedang x Eagle Cup 2023. Turnamen bulutangkis ini berlangsung selama tiga hari, mulai Kamis 24 sampai Sabtu 26 Agustus bertempat di Gor Tadjimalela, Jalan Pangeran Sugih Nomor 42, Kabupaten Sumedang.

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Ratusan pelajar dari tingkat SD, SMP, hingga SMA/sederajat dari berbagai kecamatan di Sumedang mengikuti kejuaraan ini. Dengan nomor yang dimainkan tunggal putra/putri, ganda putra/putri, hingga beregu putra/putri.

"Atas nama Kemenpora, kami mengapresiasi kegiatan ini. Tentunya ini sebagai pembinaan usia dini, lalu juga penumbuhkembangan dari pembudayaan olahraga, juga membuat anak-anak muda makin giat berolahraga," ujar Kepala Bagian (Kabag) Protokol Kemenpora RI, Indra Jayaatmaja yang hadir dalam turnamen ini.

Mengajak Masyarakat Berolahraga dan Adopsi Gaya Hidup Sehat di Gowes 90 Tahun 90 KM

Menurut Indra, kegiatan ini sesuai dengan apa yang tengah digalakkan Kemenpora RI dalam hal membudayakan olahraga di masyarakat, khususnya bulu tangkis. Kemenpora sendiri belum lama ini meluncurkan event Kejuaraan Antar Kampung (Tarkam) Kemenpora dengan bulu tangkis menjadi salah satu olahraga yang dipertandingkan.

Konsep Tarkam ini digunakan sebagai brand dan dikemas ulang dengan lebih baik, di antaranya dengan penggunaan teknologi. Sehingga menjadi lebih profesional dan menarik untuk diikuti.

Kisruh Nobar Timnas Indonesia U-23 Dilarang, Begini Respons Kemenpora

"Sama seperti turnamen ini, kejuaraan Tarkam Kemenpora juga diikuti para atlet dari kecamatan-kecamatan di berbagai daerah di Indonesia," sebut Indra yang juga menjabat Ketua Umum PBSI Sumedang.

Kejuaraan Tarkam ini, imbuhnya, selain menjadi ajang pencarian prestasi, juga turut berdampak dalam menggerakkan perekonomian masyarakat. Semangat ini yang juga tampak pada perhelatan Eagle Cup  2023, dengan maraknya pedagang, UMKM, dan jasa-jasa terkait yang melakukan kegiatan ekonomi di sekitar lokasi turnamen.

Lebih lanjut Indra menyosialisasikan lagu tema Kejuaraan Tarkam bertajuk "Indonesia Adalah Kita" yang diciptakan dan dinyanyikan oleh Charly Van Houten khusus untuk Kemenpora. Lagu yang turut diputar dalam pembukaan Eagle Cup 2023 ini disebut merupakan bagian dari edukasi untuk menyatukan Indonesia khususnya dalam bidang olahraga.

Adapun dalam pembukaan kejuaraan ini dilakukan pertandingan eksebisi ganda putra antara mantan atlet Pelatnas Berry Angriawan dan Rian Agung Saputro melawan pasangan atlet berprestasi dari Sumedang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya